Ancol Ikuti Instruksi Anies Bungkus Daging Kurban Pakai Besek Ilustrasi hewan kurban Merahputih.com / Rizki Fitrianto

Merahputih.com - PT Pembangunan Jaya Ancol mengikuti instruksi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggunakan besek bambu untuk penyaluran daging kurban kepada yang membutuhkan pada Idul Adha tanggal 11 Agustus 2019.

"Ancol menyediakan 100 besek bambu untuk penerima daging kurban," kata Corporate Communications PT Pembangunan Jaya Ancol, Rika Lestari, Senin (5/8).

Baca Juga: Anies Minta Masyarakat Pakai Besek dan Daun Pisang Untuk Hewan Kurban

Selain itu, pihaknya juga akan menggunakan kantong plastik ramah lingkungan untuk pembagian jatah daging kurban. Kantong plastik itu terbuat dari bahan-bahan yang mudah terurai.

"Oh iya, Ancol akan menggunakan kantong ramah lingkungan yang bahan bakunya campuran dari singkong, sehingga mudah terurai," jelas dia.

Besek untuk daging hewan kurban (MP/Asropih)

Saat ini tercatat sudah ada sebanyak 27 ekor sapi dan 20 ekor kambing yang akan disembelih pada hari raya kurban mendatang. Jumlah tersebut kemungkinan akan terus bertambah sampai pelaksanaan kurban.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan meminta kepada masyarakat untuk tidak menggunakan kantong Plastik Sekali Pakai (PSP) dalam pelaksanaan pemotongan hewan kurban perayaan Idul Adha. Karena plastik kresek sangat sulit terurai.

Baca Juga: Anak Buah Anies Persoalkan Kresek Hitam untuk Daging Kurban

Anies pun menyerukan panitia pemotongan hewan kurban untuk memakai material ramah yang lingkungn seperti besek bumbu dan beralaskan daun pisang.

"Jadi hindari penggunaan plastik, apalagi plastik yang berwarna hitam. Tapi gunakan semua yang bisa didaur ulang. Yang paling gampang itu namanya besek. Besek itu dibuat oleh pengrajin bambu," kata Anies usai memberikan sambutan pada acara Penutupan Pelatihan Pengelola Masjid dan Pelepasan Petugas Kesehatan Hewan dan Daging Kurban Tahun 2019 di Masjid Jakarta Islamic Centre, Jakarta Utara, Selasa (30/7). (Asp)

Kredit : asropih


Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH