Ancol Anggarkan Rp50 Miliar Bangun Masjid Apung, Ini Fasilitasnya Desain Masjid Terapung di Ancol (Humas PT Pembangunan Jaya Ancol)

MerahPutih.com - Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol, Teuku Sahir Syahali mengatakan pihakna menganggarkan Rp50 miliar untuk pembangunan Masjid Apung, di kawasan Ancol, Jakarta Utara.

"Kurang lebih Rp 50 miliar, pure semua dari Ancol," ujar Teuku kepada wartawan di Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (9/11).

Masjid ini nantinya memiliki luas 2.000 meter persegi dan mampu menampung hingga 2.500 jemaah. Bangunan masjid ini di desain berbentuk segi lima yang mencerminkan rukun islam dan jumlah waktu salat wajib dalam satu hari.

Baca Juga

Ancol Hadirkan Masjid Terapung Pertama di Indonesia

Tinggi masjid mencapai 25 meter yang melambangkan 25 nabi yang dikisahkan dalam Al-Qur'an. Kemudian, pada sisi luar masjid akan dibentuk enam buah minaret (menara) yang melambangkan dasar rukun iman.

Desain Masjid Terapung di Ancol (Humas PT Pembangunan Jaya Ancol)

Teuku mengatakan, limbah yang dihasilkan dari masjid ini nantinya akan didaur ulang sehingga tidak langsung dibuang ke laut.

Anggaran tersebut digunakan untukmemasang teknologi canggih pada Masjid Apung. Adapun Masjid Apung ini adalah masjid pertama di Jakarta yang letaknya di atas air di pesisir laut.

Teuku menjelaskan, bangunan ini akan dibangun dengan berbahan dasar stainless atau besi.

"Untuk tidak panas, nantinya di dalam kami akan pasang kayu-kayu sehingga angin bisa masuk," ucap Teuku. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH