Analisis BMKG Terkait Gempa 5,8 Magnitudo di Maluku Utara

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 30 Januari 2020
Analisis BMKG Terkait Gempa 5,8 Magnitudo di Maluku Utara
Ilustrasi Foto Gempa Bumi. foto: Istockphoto

MerahPutih.com - Gempa tektonik bermagnitudo 5,8 mengguncang Maluku Utara pada Kamis (40/1) pukul 06.46.58 WIB disebabkan subduksi Lempeng Laut Maluku.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya subduksi Lempeng Laut Maluku," ucap Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (30/1).

Baca Juga

Cara Ampuh Mengatasi Trauma Akibat Gempa

Hasil analisis BMKG menunjukkan episenter gempa terletak pada koordinat 0.76 LU dan 126.34 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 115 km arah Barat Kota Ternate, Maluku Utara pada kedalaman 24 km.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki mekanisme pergerakan sesar naik (Thrust Fault). Guncangan gempa dirasakan di Manado, Ternate, Sofifi, Jailolo, Tidore III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Baca Juga

Terjebak di Bioskop Saat Gempa? Lakukan 5 Hal Ini

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa tidak berpotensi tsunami.

Hasil monitoring BMKG juga mencatat hingga pukul 07.02 WIB, belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Terkait kondisi tersebut BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Baca Juga

Inilah Syarat Bangun Rumah Tahan Gempa

Masyarakat juga diimbau untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah. (*)

#BMKG #Gempa Bumi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan