Selebritas
Anak Robin Williams Ungkap Pengaruh Kesalahan Diagnosis pada Ayahnya Zak Williams mengalami trauma setelah kematian kematian ayahnya pada Agustus 2014. (stylist.co.uk)

PUTRA aktor Robin Williams, Zachary Pym Williams atau Zak, berterus terang tentang efek kesalahan diagnosis ayahnya dan bagaimana dia menangani trauma setelah kematian aktor tersebut karena bunuh diri pada Agustus 2014.

Zak, aktor dan advokat kesehatan mental, mengungkapkan hal tersebut dalam wawancara dengan pembawa acara Max Lugavere di siniar The Genius Life untuk membahas rasa 'frustrasi' dan ketidaknyamanan Williams sebelum kematiannya. Episode itu dirilis Rabu (21/7), tepat pada hari ulang tahun ke-70 mendiang komedian itu.

BACA JUGA:

Pandemi Membuatku Jauh Lebih Berkembang

"Apa yang saya lihat ialah frustrasi," kata Zak tentang kesalahan diagnosis ayahnya dengan penyakit parkinson. Tidak sampai bertahun-tahun setelah kematian Williams, diketahui bahwa aktor Mrs. Doubtfire menderita Lewy Body Dementia, jenis demensia progresif kedua yang paling umum setelah penyakit Alzheimer.

"Apa yang ia alami satu per satu tidak cocok (dengan apa) yang dialami banyak pasien Parkinson. Jadi, saya pikir itu sulit baginya," lanjutnya, seperti diberitakan People.com (22/7).

robin williams
Robin Williams sebelumnya didiagnosis Parkinson, setelah meninggal diketahui menderita Lewy Body Dementia. (maggiesemple.com)

Pendiri PYM (Prepare Your Mind), jenama produk pendukung kesehatan mental itu melanjutkan, "Ada masalah fokus yang membuatnya frustrasi, ada masalah yang terkait dengan apa yang dia rasakan dan dari perspektif neurologis dia tidak merasa sehat. Dia sangat tidak nyaman."

Zak juga merasa obat itu lebih merugikan Williams daripada manfaatnya karena kesalahan diagnosis. "Obat-obatan itu bukan main-main. Semuanya sangat keras pada pikiran dan tubuh," katanya.

Demensia tubuh Lewy adalah jenis penyakit otak yang memengaruhi pemikiran, memori, dan kontrol gerakan Williams. "Penyakit itu kemudian menciptakan tantangan dalam melakukan keahliannya," kata sang putra di siniar tersebut.

"Saya tidak bisa menahan perasaan di luar empati. Saya merasa frustrasi untuknya. Kondisi itu bisa sangat terasa asing bahkan ketika bersama keluarga dan orang-orang terkasih," kata Zak.

Gejala Williams meningkat selama dua tahun sebelum kematiannya. "Itu adalah ... Saya tidak ingin mengatakan itu merupakan waktu yang singkat. Rasanya jauh lebih lama daripada yang sebenarnya karena itu merupakan periode pencarian dan frustrasi yang intens baginya," kenangnya.

Zak kemudian lebih terbuka lagi tentang dampak bunuh diri ayahnya terhadap kesehatan mentalnya sendiri.

"Saya banyak minum untuk mengelola kesehatan mental saya. Itu menciptakan masalah yang sangat berbahaya. Bagi saya pribadi, saya mengalami masalah kesehatan. Saya mengalami beberapa psikosis dan ketika saya berbicara dengan psikiater, saya didiagnosis dengan post traumatic stress disorder. Saya mengobati diri sendiri melalui trauma menggunakan alkohol," katanya.

robin williams
Robin Williams bersama mantan istri dan kedua anaknya dari pernikahan pertama. (the-sun.com)

Ayah dua anak itu melanjutkan tentang bagaimana dia untuk melakukan pekerjaan advokasi kesehatan mental yang membuatnya melalui kesulitannya sendiri dengan depresi. "Saya hanya muak dan lelah mencoba mengobati diri sendiri menggunakan cara yang berbahaya," kata Zak. Dia lalu menemukan kenyamanan dalam program 12 langkah dan terapi kelompok.

Sebelumnya, Zak juga pernah membahas kesehatan mental ayahnya dalam The Dr Oz Show pada November 2020. "Saya sangat menyadari perjuangan ayah saya dengan depresi, itu dimanifestasikan dalam kecanduan. Ia berusaha keras untuk mendukung kesejahteraan dan kesehatan mentalnya, terutama ketika dia ditantang. Itu merupakan sesuatu yang menjadi pertimbangan sehari-hari baginya," kata Zak.

Zak juga pernah berbicara kepada People pada Mei 2020 tentang membantu orang lain mengakses perawatan kesehatan mental di tengah pandemi virus corona.

"Satu hal yang saya temukan sangat menyembuhkan bagi saya melalui pengalaman saya adalah pelayanan dan komitmen untuk pekerjaan pelayanan khususnya di sekitar kesehatan mental dan organisasi pendukung kesehatan mental. Makan dengan baik, berkomitmen pada gaya hidup sehat. Hal-hal yang saya butuhkan dalam rutinitas mingguan dan harian saya untuk lebih baik mendukung kesejahteraan saya," ujarnya.(aru)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Seorang Pria Positif COVID-19 Selama 14 Bulan, Kok Bisa?
Fun
Seorang Pria Positif COVID-19 Selama 14 Bulan, Kok Bisa?

Seorang pria di Turki harus menjalani karantina selama 14 bulan.

4 Masalah Kesehatan saat Bepergian
Fun
4 Masalah Kesehatan saat Bepergian

Beberapa orang kerap mengalami masalah kesehatan saat bepergian.

Kojima Productions Jual 'Ludens Peace Mark Unit' untuk Bantu Pengungsi Ukraina
Fun
Kojima Productions Jual 'Ludens Peace Mark Unit' untuk Bantu Pengungsi Ukraina

Pre-order telah dimulai pada Juni dan akan dirilis pada Agustus.

Sambut Valentine, D'Cinnamons Sajikan Lagu Puitis tentang Menghargai Perbedaan
ShowBiz
Sambut Valentine, D'Cinnamons Sajikan Lagu Puitis tentang Menghargai Perbedaan

Lirik puitis di lagu Matahari dan Bulan dari D'Cinnamons sambut Hari Kasih Sayang.

Kanye West Mundur dari Coachella 2022
ShowBiz
Kanye West Mundur dari Coachella 2022

Kanye West batal tampil di Coachella 2022.

Coldiac Ajak Pendengar Mensyukuri Hal-Hal Kecil Lewat ‘Beautiful Day’
ShowBiz
Coldiac Ajak Pendengar Mensyukuri Hal-Hal Kecil Lewat ‘Beautiful Day’

Coldiac kembali memberikan angin segar dengan lagu Beautiful Day.

Kamu Harus Tahu 4 Depresi yang Ada
Fun
Kamu Harus Tahu 4 Depresi yang Ada

Pahami depresi dalam kehidupan.

Serial 'Mendua' Jadi Remake 'The World of the Married' Versi Indonesia
Fun
Serial 'Mendua' Jadi Remake 'The World of the Married' Versi Indonesia

Serial Mendua akan tayang di Disney Plus Hotstar tahun ini.

Benarkah Mantan Founder Startup Tak Laku di Bursa Kerja?
Fun
Benarkah Mantan Founder Startup Tak Laku di Bursa Kerja?

Ada semacam stigma terhadap para founder startup.

Jaga Lisan saat Jadi Tamu Pesta Pernikahan
Fun
Jaga Lisan saat Jadi Tamu Pesta Pernikahan

Ada beberapa hal yang tak boleh kamu katakan sebagai tamu undangan.