Anak Pencetus Mobil Esemka Gagal Dapat Rekomendasi PDIP di Pilkada Klaten Ida Hartono (kanan) mendaftar bakal cawabup Pilkada Klaten di DPD PDIP Jawa Tengah. (Istimewa/DPD PDIP Jawa Tengah)

MerahPutih.Com - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP mengeluarkan rekomendasi di Pilkada Klaten, Jawa Tengah pada pasangan bakal cabup dan cawabup Sri Mulyani-Aris Prabowo.

Sri Mulyani sendiri merupakan bupati petahana mencalonkan lagi maju sebagai cawabup di Pilkada 2020. Sebelum rekomendasi jatuh, sempat muncul nama sosok Ida Hartono yang berani menantang petahana.

Baca Juga:

Hasto Sebut Tren Elektabilitas Gibran dan Bobby Terus Meningkat

Ida adalah sosok anak dari Sukiyat, pemilik sebuah bengkel karoseri mobil di Klaten, Jawa Tengah dan menjadi pencetus Mobil Esemka yang melambungkan nama Presiden Jokowi saat masih menjadi Wali Kota Solo periode 2005-2010.

Pencetus Mobil Esemka Sukiyat tak sakit hati anaknya tak dapat rekomendasi dari PDIP
Sukiyat pencetus mobil Esemka yang saat ini punya pabrik perakitan di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. (MP/Ismail)

Meski sudah jadi rahasia umum Sukiyat sangat dekat dengan Jokowi, ternyata, DPP PDIP tak memberi rekomendasi untuk anak Sukiyat itu. Karena dianggap dekat, Sukiat sampai diundang khusus Presiden Jokowi saat peresmian Pabrik Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah pada tanggal 6 September 2019 lalu.

Meskipun demikian, Sukiyat tidak merasa sakit hati pada Jokowi dan DPP PDIP yang tidak memberikan rekomendasi pada anaknya di Pilkada Klaten.

"Saya tidak sakit hati. Justru saya legawa putranya (Ida) gagal mendapatkan rekomendasi dari DPP PDIP," ujar Sukiat, Kamis (20/2).

Mobil Esemka buatan Sukiyat saat dijalankan Presiden Jokowi
Presiden Jokowi menjajal mobil pikap Esemka di pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. (MP/Ismail)

Sukiat menjelaskan putranya Ida Hartono yang merupakan Direktur PT Kiat Motor Klaten berkeinginan maju di Pilkada Klaten sebagai bakal cawabup karena ingin mengabdi pada masyarakat Klaten. Ia pun tidak mempermasalahkan jika airnya DPP PDIP lebih mempercayakan pada pasangan Sri Mulyani dan Aris Prabowo.

"Tidak ada rasa kecewa. Ini bagian dari dinamika politik jadi harus diterima. Anak saya (Ida) sudah berjuang mendaftar bakal cawabub di DPD PDIP Jawa Tengah," kata dia.

Baca Juga:

2024 Tahun Regenerasi, Megawati Minta Yang Tua Dorong Anak-anak Muda

Sukiat mengatakan anaknya Ida tetap berkomitmen mematuhi aturan partai dan membangun Kabupaten Klaten sesuai kemampuan yang ada sekarang.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Ini Nama 49 Calon Kepala Daerah yang Diusung PDIP di Pilkada Serentak 2020



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH