Apakah Anak Muda Zaman Now Semakin Kreatif? Anak muda zaman now memiliki kemauan untuk mengembangkan diri (Foto: Pexels/rawpixel.com)

ANAK muda zaman now atau generasi millennials kerap dipandang malas dan sangat ketergantungan terhadap teknologi.

Masalah terakhir berakibat pada Velociraptor Hand atau lebih menikmati dunia luar dari kamar menggunakan perangkat digital.

"Biasanya faktor lingkungan yang menyebabkan mereka (anak muda) tidak kreatif," ujar Nor Hiqmah, Direktur Eksekutif Pirac kepada merahputih.com di Jakarta Pusat, Rabu (5/12).

Namun, lanjut Nor Hikmah, tudingan itu enggak sepenuhnya benar. Ada pula sebagian anak muda zaman now tergerak untuk membuat perubahan. Apa saja movement mereka? Simak infonya berikut ini;

1. Lebih tertarik ikut komunitas daripada organisasi

Lebih senang mengikuti komunitas (Foto: Pexels/Zun Zun)

Anak muda zaman sekarang kreatif kata Nor. Tapi mereka enggak tertarik untuk mengikuti sebuah organisasi. Karena organisasi kebanyakan lebih memiliki unsur politis. Sedangkan anak muda zaman now lebih tertarik untuk mengikuti kegiatan sosial seperti menjadi relawan dalam acara tertentu. "Berorganisasi itu biasanya lebih politis. Mereka lebih tertarik berkomunitas," kata Nor.

2. Semakin mudahnya mengakses informasi membuat anak muda tergerak melakukan kegiatan positif

Mengakses informasi sangat mudah sehingga dapat mengetahui masalah sosial yang terjadi dengan cepat (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Mendapatkan informasi di zaman serba canggih sudah sangat mudah. Hal tersebut membuat anak muda menjadi mudah tergerak untuk terlibat dalam kegiatan sosial. Mereka dapat mengetahui masalah sosial yang terjadi dengan begitu cepat melalui akses internet. Akhirnya enggak jarang, banyak anak muda menjadi relawan untuk membuat kegiatan sosial yang kreatif. "Sekarang itu koneksi berita lebih cukup. Jadi semua orang bisa merespon masalah lebih cepat," imbuhnya.

3. Kolaborasi menjadi kunci utama menjadi anak muda yang kreatif

Open minded untuk menerima berbagai masukan (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Open minded, seperti itulah gambaran anak muda zaman sekarang. Mereka enggak keberatan berkolaborasi dan bekerja sama dengan berbagai pihak. Sehingga untuk mencapai tujuan bukan menjadi hal yang sulit. "Anak muda itu mau berkolaborasi dan mengembangkan pikiran mereka," jelas Nor.

4. Semangat anak muda sudah mendarah daging

Pada dasarnya anak muda memang memiliki semangat untuk membawa perubahan (Foto: Pexels/Helena Lopes)

Pada akhirnya anak muda memang memiliki jiwa dan semangat yang tinggi. Ini yang membuat anak muda mau berpikir kreatif dan mengembangkan diri mereka untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif. "Jadi itu (keinginan membuat perubahan) sudah seperti ada di dalam mereka. Jadi mereka melihat jati diri untuk melihat hal positif," tukasnya.

Sahabat Merah Putih, tetap semangat dan jadi anak muda kreatif! (ikh)

Baca juga: Badan Pom Ajak Milenial Cerdas Memilih Produk Kosmetik

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH