Anak Muda Ingin Berhasil, Ingat Kata-kata Menteri Susi Ini

Zulfikar SyZulfikar Sy - Sabtu, 16 Desember 2017
Anak Muda Ingin Berhasil, Ingat Kata-kata Menteri Susi Ini
Menteri Susi saat pernikahan Kahiyang Ayu di Kota Solo. (MP/Bayu),

MerahPutih.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berpesan kepada generasi muda agar membangun jiwa kemandirian sejak dini.

"Mandiri dalam pengertian saya adalah kita harus liberate our mind (membebaskan pikiran kita) dulu," kata Menteri Susi dalam acara Lustrum XII SMA 1 Yogyakarta di Jogja Expo Center (JEC), Yogyakarta, Jumat (15/12), dilansir Antara.

Susi yang juga alumni SMA 1 Yogyakarta mengaku telah membangun kemandirian sejak dirinya masih duduk di bangku SMA 1 Yogyakarta. Mandiri, dalam kaca mata Susi harus diawali dengan membangun jiwa yang merdeka.

"Kita harus membebaskan diri kita dulu dari hal-hal yang menekan kita dan menjadikan pribadi yang ragu-ragu," kata Susi kepada ratusan alumni dan siswa SMA teladan di Yogyakarta itu.

Menurut dia, berbagai pencapaian di bidang usaha perikanan, pendirian maskapai Susi Air, hingga beragam kebijakan kelautan yang dimunculkan selama ini adalah buah dari pola berpikir mandiri yang dilandasi kebebasan berpikir sejak dini.

"Mau kerja pun kalau pikiran kita tidak bebas kita tidak akan bisa ke mana-mana. Makannya harus berpikir bebas dulu dan itu keyakinan dalam diri saya," kata dia.

"Saya dulu berpikiran kalau tidak mau terlalu diatur bapak ibu saya, ya saya harus cari duit sendiri," kata dia.

Meski mandiri dan merdeka, menurut dia, generasi muda saat ini harus sudah memliki perencanaan serta berpikir matang untuk kemajuan di masa depan.

"Merencanakan masa depan dan bekerja untuk masa depan," kata Susi dalam acara yang juga dihadiri sejumlah tokoh alumni SMA 1 Yogyakarta lainnya seperti Ketua DPP PPP Romahurmuzy. (*)

#Susi Pudjiastuti #Kunci Sukses
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan