hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-1
Anak Milennial Wajib Ngerti nih, Tips Nabung untuk Persiapan Nikah Perlu persiapan besar bagi calon pengantin dan keluarga sebelum menggelar pesta pernikahan. (Foto: Pixabay/artisticfilms)
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-2
hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-7

PERNIKAHAN saat ini bukan suatu yang murah. Terutama kamu yang tinggal di perkotaan, biaya pernikahan dinilai banyak orang sangat tinggi misalnya ketika harus menyewa gedung.

Persiapan besar seringkali dilakukan calon pengantin dan keluarga sebelum menggelar pesta pernikahan. Persiapan itu perlu dilakukan karena melibatkan banyak kegiatan, banyak pihak, dan tentunya banyak uang yang akan dibelanjakan.

1. Pilih prioritas

Pilih prioritas dalam hidup ketika perisapan menikah. (Foto: Pixabay/NGDPhotoworks)
Pilih prioritas dalam hidup ketika perisapan menikah. (Foto: Pixabay/NGDPhotoworks)


Perencana keuangan Prita Hapsari Ghozie, di Jakarta, Sabtu, menilai banyak cara menabung untuk mempersiapkan pesta pernikahan, salah satunya adalah dengan metode value based budgeting.

"Metode itu artinya (calon pengantin) memprioritaskan apa yang menjadi nilai penting dalam hidup," kata Prita saat acara BincangShopee seputar pernikahan dan keuangan, dikutip Antara.

2. 50 persen gaji untuk menikah

Setengah dari gaji harus ditabungkan ketikan persiapan menikah. (Foto: Pixabay/nattanan23)
Setengah dari gaji harus ditabungkan ketikan persiapan menikah. (Foto: Pixabay/nattanan23)

Prita mencontohkan seseorang yang bekerja dengan upah minimum regional (UMR) dapat menerapkan metode value based budgeting jika orang itu berencana menikah pada tahun berikutnya.

Dengan penetapan prioritas menikah, seseorang mengalokasikan 50 persen dari pendapatan untuk ditabung.

Namun, Prita mengingatkan penerapan persentase hingga 50 persen itu akan memperkecil atau bahkan menghilangkan tabungan rutin ataupun dana untuk diinvestasikan.


3. Hindari berhutang selama periode persiapan menikah

Hindari berhutang selama periode persiapan menikah. (Foto: Pixabay/Goumbik)
Hindari berhutang selama periode persiapan menikah. (Foto: Pixabay/Goumbik)

Prita menyarankan seseorang yang akan mempersiapkan pesta pernikahan sebaiknya menghindari berutang selama periode persiapan karena berisiko membawa utang itu setelah menikah.

Prioritas hidup, lanjut Prita, akan berubah ketika menikah. Utang-utang yang telah diambil sebelumnya berpotensi menjadi gangguan alokasi dana dalam kehidupan seseorang setelah menikah. (*)

Baca Juga:


hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-3
Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-4
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-5