Anak Laki-Laki Membutuhkan Dukungan Emosi Lebih Besar Anak laki-laki butuh dukungan emosional (Sumber: Pixabay)

"ANAK laki-laki jangan menangis!" kalimat tersebut nyaris didengar oleh seluruh anak laki-laki di berbagai belahan Bumi ini. Laki-laki dituntut untuk selalu terlihat kuat di berbagai situasi berapa pun usia mereka. Jika air mata menetes dari mata mereka seolah-olah itu adalah kesalahan dan aib.

Padahal ternyata, anak laki-laki justru perlu dukungan emosional yang lebih mendalam dan menyeluruh dibandingkan anak perempuan. Sebastian Kraemer, Konsultan Anak dan Psikiater Remaja menuturkan bahwa anak laki-laki memiliki bagian otak hipotalamus yang lebih besar dibandingkan perempuan.

"Hipotalamus yang besar membantu mereka memiliki kekuatan fisik tetapi di saat yang sama membuat mereka kurang dalam pengaturan emosi secara mandiri," jelas Kraemer.

Baca juga:

Siswa Disiksa Makan Kotoran Manusia, Tindakan Membahayakan Tubuh!

Anak bayi menangis
Bayi laki-laki menangis (Sumber: Pregnancy, Birth, and Baby)

Selain itu, perkembangan otak anak perempuan memiliki kecepatan yang jauh lebih maju dibandingkan anak laki-laki. "Sekeras apapun anak laki-laki mengejar perkembangan anak perempuan di 6 minggu pertama setelah lahir tetap saja perkembangan otak mereka berada pada tingkatan yang lebih lambat dibandingkan anak perempuan," urainya. Itu terus terjadi hingga menuju fase dewasa.

Secara psikologis, otak anak perempuan yang baru lahir setara dengan anak laki-laki berusia enam minggu.

Baca juga:

Gadis 7 Tahun Juara Pokemon Oceania International Championship 2020

Anak Bayi
Perkembangan otak anak perempuan lebih cepat dari laki-laki (Sumber: Instagram/@diabirthphoto)

Studi yang dilakukan oleh Kraemer juga menunjukkan bahwa embrio laki-laki lebih rentan terhadap stres yang dihadapi ibu saat hamil. Janin laki-laki juga rentan terhadap cerIebral palsy. Mereka juga memiliki peluang lebih tinggi untuk dilahirkan secara prematur.

"Semua itu membuat anak laki-laki lebih rentan terhadap trauma kelahiran dan pengasuhan yang tidak responsif," ujarnya. (Avia)

Baca juga:

Viral! Kerja 2 Jam Per Hari, Remaja ini Hasilkan Rp 181 Juta Tiap Minggu

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH