Relasi

Anak Laki-Laki Dekat dengan Ibunya Jadi Anak Mami?

P Suryo RP Suryo R - Sabtu, 02 Juni 2018
Anak Laki-Laki Dekat dengan Ibunya Jadi Anak Mami?
Anak mami ternyata memiliki berbagai kelebihan. (Foto: familyeducation)

ANAK laki-laki yang dekat dengan ibunya biasanya ditempeli cap anak mami. Sebenarnya, tidak salah jika kamu lebih dekat dengan salah satu sosok orang tua. Tapi, bukankah lebih mengesankan jika anak perempuan dekat dengan ayahnya dan anak laki-laki dekat dengan ibunya?

Dari laman Go-Dok menuliskan, Father Involvement Research Alliance menyatakan bahwa anak yang dekat dengan ayahnya sejak dini akan memiliki tingkat emosi yang stabil. Si anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang memiliki rasa percaya diri tinggi, mudah bersosialisasi, dan terbuka pada lingkungan sosial di sekitarnya.

Kemudian sudah menjadi rahasia umum bila anak laki-laki pasti lebih dekat dengan sosok ibu dibanding ayah. Namun adakah penjelasan psikologis atas pernyataan itu?

ibu anak
Bersama ibu anak alki-laki mengerti maskulinitas. (Foto: momjunction)

1. Nilai Akademik


Manfaat anak laki-laki yang dekat dengan ibu pertama yaitu memiliki nilai akademik yang baik, Mengungkapkan isi hati terkadang susah untuk dilakukan oleh anak laki-laki. Padahal, tidak jarang mereka didera berbagai permasalahan, salah satunya adalah masalah akademik.

Ketika seorang anak terbuka dengan bunda mengenai permasalahannya di sekolah, ia akan langsung mendapatkan solusi yang bisa dipraktekkan dari sudut pandang orang dewasa. Selain itu, ibu juga bisa berperan sebagai tutor di rumah sehingga nilai anak membaik.


2. Kecerdasan Emosi dan Empati


Dekat dengan ibu, dapat membuat seorang anak laki-laki akan cenderung lebih terbuka, mudah mengekspresikan emosi, serta percaya diri. Selain itu, pelukan ibu terbukti dapat meningkatkan kepekaan serta rasa simpati dan empati anak terhadap orang lain.

Kok bisa? Penelitian klinis dan psikologis menunjukkan bahwa pelukan antara orang tua, khususnya ibu dengan anak dapat meningkatkan kecerdasan otak anak. Sebab merangsang produksi hormon oksitosin yang berfungsi untuk menghasilkan perasaan tenang dan bahagia, serta membantu mengeluarkan zat berbahaya dari otak.


3. Kepedulian Tinggi terhadap Keluarga


Selanjutnya, manfaat anak laki-laki yang dekat dengan ibu memiliki kepudilan yang tinggi. Dr. William Pollack, profesor bidang psikologi di Harvard University, mengatakan bahwa anak laki-laki yang dekat dengan ibu kelak akan menjadi pria yang bersedia untuk melakukan pekerjaan perempuan. Seperti menyapu, mencuci piring, bahkan memasak. Selain itu, kedekatan ibu dengan anak laki-laki dapat membuat mereka menjadi lebih mengerti perasaan perempuan.

ibu anak
Anak mami peduli dengan keluarga. (Foto: lds)


4. Karier Cemerlang


Anak laki-laki yang dekat dengan ibu akan lebih cenderung memiliki cara komunikasi yang baik. Memiliki mental baja dan berani berpendapat akan memudahkan anak untuk mendapatkan karier yang cemerlang.


5. Maskulinitas


Bagi sebagian anak laki-laki, maskulinitas sering dihubungkan dengan kondisi fisik yang bagus serta pribadi yang dingin, tegas, dan keras kepala. Hal ini akan berubah jika ia dekat dengan ibu, karena pengertian maskulinitas akan diperjelas dengan indikator perilaku mulia, seperti tidak mudah menyerah, bertanggung jawab, bijak, perasa, dan menerima pendapat tanpa harus menjatuhkan.

Nah, itu tadi manfaat anak laki-laki yang dekat dengan ibu. Jadi, jangan malu menjadi ‘anak mami’! (*)

#Ibu Dan Anak
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan