Anak Krakatau Masih Erupsi, Tinggi Letusan Sampai 1,5 KM Erupsi Gunung Anak Krakatau. (ANT)

MerahPutih.com - Gunung Anak Krakatau masih terus mengalami erupsi hingga hari ini. BNPB menimbau warga untuk tetap menjauh karena abu letusan mencapai ketinggian sekitar 1,5 kilometer.

"Tinggi kolom abu teramati ± 1.500 m (1,5 km) di atas puncak. Kolom abu putih hingga kelabu," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, Jumat (4/1).

Aktivitas Gunung Anak Krakatau
Gunung Anak Krakatau beberapa waktu lalu. (MP/Sucitra De)

Menurut Sutopo, Gunung Anak Krakatau juga meletus pada Kamis (3/1) pukul 12.03 WIB dengan tinggi letusan sekitar 1.600 meter. Selama Kamis gunung itu meletus 37 kali, melontarkan lava pijar, abu vulkanik dan pasir.

BNPB menegaskan sebagaimana dilansir Antara, saat ini Gunung Anak Krakatau dalam Status Level III (Siaga). Adapun, masyarakat/wisatawan dilarang mendekati kawah dalam radius lima kilometer dari kawah.

Aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau pada Sabtu (22/12) memicu tsunami di Selat Sunda, menimbulkan korban jiwa dan kerusakan di Pandeglang dan Serang di Provinsi Banten serta Lampung Selatan, Pesawaran dan Tanggamus di Provinsi Lampung. (*)



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH