Anak Kos, Bantu Rawat Bumi dengan 5 Cara Mudah ini

P Suryo RP Suryo R - Senin, 13 Januari 2020
Anak Kos, Bantu Rawat Bumi dengan 5 Cara Mudah ini
Anak kos bisa kok ikut melestarikan Bumi. (Foto: Pexels/Helena Lopes)

SEPERTINYA Bumi semakin hari terasa semakin panas. Suhu kamar tidur juga terasa panas meskipun sudah berusaha disingkirkan dengan kipas angin atau penyejuk udara. Ada banyak cara di luar sana yang bisa kita lakukan untuk membantu merawat Bumi, meskipun kamu hanya anak kost. Hanya saja terkadang kita malas untuk melakukan gerakan untuk melestarikan Bumi karena jarak, waktu, dan anggapan terlalu sulit.

Kamu enggak perlu khawatir! Meskipun tinggal di kos-kosan, kamu masih bisa membantu merawat bumi dengan lima hal ini. Simak, ya!

Baca Juga:

Empat Langkah Kekinian Berkontribusi Kurangi Sampah Plastik


1. Gunakan air secukupnya

rawat bumi dengan pakai air secukupnya
Pakailah air dengan bijak. (Foto: Pexels/Skitterphoto)

Salah satu kegiatan paling mudah yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan air secukupnya. Meskipun bayaran kosmu sudah termasuk air, tetap saja tidak ada salahnya untuk bijak menggunakan air. Contohnya, ketika kamu sedang keramas dan menggosok kepalamu, matikan shower atau keran air. Satu orang berbuat ini maka akan sangat membantu menjaga ketersediaan air bersih. Tapi ini bukan alasan buat kamu untuk enggak mandi!


2. Listrik di kamar

bijak menggunakan listrik
Bijak menggunakan listrik dapat membentu merawat Bumi. (Foto: Pexels/Ahmed Aqtai)

Kebiasaan ini seringkali dianggap remeh dan dilupakan sebagian anak kos. Mereka menganggap remeh karena listrik tidak termasuk paket saat membayar kos-kosan. Biarpun begitu, yuk tetap matikan listrik saat kita tidak berada di kamar. Seperti lampu, AC, dan berbagai jenis colokan. Jika saat malam hari kamu ingin menggunakan lampu tidur, gunakanlah lampu yang memiliki daya kecil. Selain itu, hindari mengisi daya gawai saat kamu tidur ya. Selain menghemat listrik, itu juga bahaya loh!


3. Hindari penggunaan plastik

barang plastik
Jangan memakai barang-barang yang terbuat dari plastik. (Foto: Pexels/Alexander Kim)

Nah, ini ditujukan bagi kamu yang sering belanja menggunakan kantong plastik. Nah mula dari sekarang, yuk tinggalkan kebiasan buruk ini. Ketika ingin belanja atau membawa sesuatu, kamu bisa menggunakan tote bag. Menggunakan tote bag merupakan salah satu cara sederhana untuk merawat bumi. Jadi, jangan malu ya!

Baca Juga:

Kurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai, Bahkan saat Pergi Melancong

4. Daur ulang sampah

daur ulang sampah
Buatlah limbah menjadi sesuatu yang berguna. (Foto Pixabay/stux)

Di kamarmu banyak tumpukan botol plastik yang sudah tidak dipakai? Jangan dibuang! Kamu bisa menggunakan sampah tersebut sebagai salah satu karya yang bisa digunakan. Jika diolah dengan baik bisa memiliki nilai seni yang tinggi, loh! Kamu bisa memanfaatkan sampah botol plastik tersebut menjadi kotak pensil, tempat tanaman, atau kegunaan lain yang baik bagi lingkungan.


5. Gunakan barang ramah lingkungan

barang ramah lingkungan
Pakailah barang yang ramah lingkungan. (Foto: Unsplash/Eiliv-Sonas Aceron)

Langkah yang satu ini sudah mulai banyak diterapkan. Mulai dari sekarang, hindari barang-barang yang bisa mencemari lingkungan. Seperti yang paling mudah adalah penggunaan sedotan plastik. Untuk menguranginya, kamu bisa membeli sedotan stainless untuk menyantap minuman. Dijamin, akan semakin elegan deh! (And)

Baca Juga:

Seberapa Lama Sih Sampah-Sampah Ini Bisa Terurai?

#Sampah #Selamat Pagi Januari #Limbah
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan