Anak Harus Siap Hadapi Kenormalan Baru, ini Tips dari Kak Seto Kak Seto memberikan tips menghadapi kenormalan baru untuk anak-anak (Foto: Mp/Arie Prijono)

DALAM menghadapi fase kenormalan baru tentu bukan perkara mudah, terlebih bagi para anak-anak. Karena semasa pandemi virus corona, aktivitas anak-anak kian terbatas.

Dari mulai sekolah online dari rumah, hingga tak bisa berkumpul bermain bersama teman-teman. Anak-anak terpaksa harus tetap dirumah saja demi terhindar dari virus COVID-19.

Baca Juga:

Berdamai dengan COVID-19, ini Petunjuk Penerapan New Normal dari Badan POM

Namun pada fase kenormalan baru situasi perlahan kembali normal. Sejumlah aktivitas selain dirumah saja mulai bisa dilakukan, tapi harus tetap mematuhi protokol kesehatan.

Meski Pemerintah belum memastikan kapan sekolah berjalan normal tatap muka seperti biasanya, namun para orang tua sudah sepatutnya dari jauh-jauh hari mengajarkan anak untuk tetap menjaga kesehatan.

Agar disaat kondisi sudah mulai membaik nanti, para anak-anak sudah bisa beradaptasi saat kembali bersekolah tatap muka nanti.

Terkait hal itu ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak, Seto Mulyadi menegaskan ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh orang tua pada sang anak.

"Orangtua harus melatih kebiasaan kebiasaan baru, untuk selalu pake masker untuk jaga jarak, rajin mencuci tangan dengan cara yang benar, terus menjaga kesehatan dengan tetap belajar, tetap bergerak, tetap berolahraga dan sebagainya tetapi dengan protokol kesehatan yang harus dipatuhi oleh anak" tutur pria yang akrab disapa Kak Seto tersebut pada merahputih.com.

Kak Seto menjelaskan jika anak-anak harus dibiasakan untuk mematuhi protokol kesehatan dimanapun dia berada (Foto: Mp/Arie Prijono)

Baca Juga:

Mal di Jakarta Kembali Dibuka, Ini Tips Supaya Kamu Tetap Aman Berbelanja

Selain membiasakan anak mematuhi protokol kesehatan dimanapun dia berada, Kak Seto menjelaskan ada hal yang tak kalah pentingnya. Yakni membangun komunikasi yang baik dengan anak.

Bagi Kak Seto, menjalin komunikasi yang efektif dengan anak dirumah penting dilakukan. Biasakanlah dialog atau rapat keluarga, seperti halnya membahas soal kebiasaan baru.

"Penting untuk membangun komunikasi dan membiasakan rapat keluarga, khususnya membicarakan kebiasaan baru, tapi jangan dengan cara pemaksaan atau kekerasan, karena bisa menyebabkan anak akan lari dan kontraproduktif" jelas Kak Seto.

Selain mematuhi protokol kesehatan, menjalin komunikasi yang efekti dengan anak sangat penting (foto: instagram @kaksetosahabatanak)

Kak Seto menjelaskan, para orang tua harus mengajarkan kebiasaan baru pada nak dengan cara yang penuh persahabatan. Satu hal yang terpenting ialah membuat anak nyaman dirumah terlebih dahulu.

Terlebih persiapan untuk diperbolehkan masuk sekolah seperti biasa cukup lama, karena itu orang tua harus menghadapinya dengan penuh kasih sayang, kreatif dan bersahabat dengan anak, agar si kecil tidak stress selama dirumah saja.

Jadi sebaiknya para orang tua menciptakan suasana yang layak anak atau ramah anak, demi menuju Indonesia yang layak anak. (Ryn)

Baca Juga:

“The New Normal” Industri Kopi di Tengah Pandemi COVID-19 Menurut Mikael Jasin

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala