Kesehatan
Anak dengan Bibir Sumbing Harus Dibantu Puput bersama kedua anaknya Abian (Kiri) dan Raihana (Kanan) yang merupakan pasien bibir sumbing. (Foto: Istimewa)

BADAN amal Smile Train Indonesia memperkuat komitmen memberikan senyum bagi anak-anak Indonesia dengan kemitraan bersama para ahli setempat. Hal ini bertujuan agar anak-anak yang terlahir dengan kondisi bibir sumbing mendapatkan penanganan tepat.

Data global yang dimiliki Smile Train, mencatat setiap tiga menit seorang bayi terlahir dengan kondisi bibir sumbing dan celah langit-langit. Oleh karena itu, perlu ada kerjasama dari berbagai pihak agar anak-anak dengan kondisi fisik tidak sempurna itu bisa terbantu.

Baca Juga:

Cinta Anak-Anak, Bunga Jelitha Jadi Duta Smile Train Indonesia

Bermitra dengan Yayasan Dewi Kasih yang didukung oleh Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Jember (UNEJ), Smile Train Indonesia berupaya memberikan penanganan komprehensif. Mulai dari operasi hingga terapi wicara dan bantuan psikologis untuk anak-anak dan keluarga pasien bibir sumbing dan celah langit-langit di Jawa Timur.

"Di dunia, setiap hari ada 540 anak yang terlahir dengan kondisi bibir sumbing dan/atau celah langit-langit, sebuah kondisi yang apabila tidak ditangani dapat membawa dampak berkepanjangan bagi fisik maupun psikologi anak. Bahkan di Jember, rasio angka pasien bibir sumbing mencapai 1:1.000 pada tahun 2019," ujar dr. Ulfa Elfiah, M.Kes, SpBP-RE(K), Spesialis Bedah Plastik dalam berita pers yang diterima merahputih.com.

Pihak yang terlibat dalam operasi gratis bibir sumbing. (Foto: Istimewa)

Ketua Yayasan Dewi Kasih itu juga menyatakan angka ini menandakan butuh perhatian khusus dan serius agar tercipta kemudahan akses untuk mendapatkan penanganan bibir sumbing secara komprehensif, baik dari sebelum, saat, hingga sesudah operasi. "Masyarakat Indonesia, khususnya di Jawa Timur hendaknya kini makin aware untuk berperan aktif," tambahnya.

Kondisi bibir sumbing dan celah langit-langit adalah salah satu bentuk kelainan daerah kraniofasial (tulang kepala dan tulang wajah) yang ditandai dengan adanya celah pada bibir, gusi, dan langit-langit akibat gangguan fusi (fusion) pada masa kandungan.

Penyebabnya tidak diketahui pasti, namun fokus terpenting adalah penanganannya. Jika tidak segera ditangani, bibir sumbing dapat menyebabkan komplikasi masalah seperti kesulitan makan, bernapas, mendengar, berbicara, meningkatnya risiko malnutrisi, dan bahkan gangguan psikologis.

Baca Juga:

300 Pasien Bibir Sumbing Dapat Biaya Operasi Gratis dari SnackVideo

"Bibir sumbing atau celah langit-langit mulut bukanlah aib, melainkan kondisi fisik yang sangat bisa diperbaiki," ungkap Ruth Monalisa, Program Director Smile Train Indonesia.

Operasi bibir sumbing perlu tindakan menyeluruh. (Foto: Unsplash/JAFAR AHMED)

Untuk melakukan operasi bibir sumbing, kata Ruth diperlukan tindakan menyeluruh, mulai dari perbaikan gizi sebelum operasi, operasi perbaikan, observasi pasca-operasi, serta tindakan lanjutan seperti terapi wicara dan bimbingan psikologis. Hal ini perlu dilaksanakan demi memastikan tumbuh kembang sang anak berjalan optimal.

Smile Train Indonesia bersama para mitranya bertujuan untuk memfasilitasi setiap anak yang hidup dalam kesenjangan, agar dapat menjalani hidup secara sehat dan produktif. Lebih jauh lagi, menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya penanganan yang komprehensif dan segera bagi anak-anak yang terlahir dengan bibir sumbing.

“Di Jawa Timur, Smile Train Indonesia telah memberikan lebih dari 15.200 operasi bibir sumbing dan celah langit-langit sejak tahun 2002, bekerjasama dengan 15 mitra rumah sakit Smile Train Indonesia yang berada di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Malang, Kediri, Jember, dan Madura," pungkas Ruth. (ikh)

Baca Juga:

SnackVideo Ajak Pengguna Bantu Teman Sumbing Lewat Program #SenyummuSedekahmu

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
4 Penampilan Terbaik pada Golden Globe 2021
Fashion
4 Penampilan Terbaik pada Golden Globe 2021

Tetap all out meski digelar virtual.

Aing Tetap Bertahan Bersamamu Walau Harus LDR
Fun
Aing Tetap Bertahan Bersamamu Walau Harus LDR

Menjalani hubungan LDR bisa berhasil asal memiliki komitmen.

WhatsApp Mengadaptasi Fitur ‘View Once’ Instagram
Fun
WhatsApp Mengadaptasi Fitur ‘View Once’ Instagram

Fitur view once akan dihadirkan di WhatsApp.

Ardhito Pramono Rilis EP Lagu Anak-Anak
ShowBiz
Ardhito Pramono Rilis EP Lagu Anak-Anak

Ardhito Pramono tergugah untuk mewujudkan project Ardhito Pramono For Kids

Mengintip Bocoran 'Penampakan' Toyota Avanza Veloz Terbaru
Fun
Mengintip Bocoran 'Penampakan' Toyota Avanza Veloz Terbaru

Tampil lebih mewah dari seri sebelumnya.

Berhenti Ucapkan 3 Kalimat Ini untuk Ajarkan Anak Disiplin
Fun
Berhenti Ucapkan 3 Kalimat Ini untuk Ajarkan Anak Disiplin

Sia-siap melontarkan tiga kata ini kepada anak.

Catat, Ngabuburit Makin Asyik dengan 4 Film ini
ShowBiz
Catat, Ngabuburit Makin Asyik dengan 4 Film ini

Rekomendasi film untuk ngabuburit.

Voice of Baceprot Siap Tampil di Konser Virtual
ShowBiz
Voice of Baceprot Siap Tampil di Konser Virtual

Berbagai kejutan tengah disiapkan untuk konser tersebut.

Kembangkan Bisnis dengan Jadi Mitra Jasa Pengiriman Kargo
Fun
Kembangkan Bisnis dengan Jadi Mitra Jasa Pengiriman Kargo

Kesempatan besar bagi pelaku UKM untuk mengembangkan bisnis.

Spotify Umumkan Musisi 'Rising Star' Indonesia
ShowBiz
Spotify Umumkan Musisi 'Rising Star' Indonesia

SALAH satu platform musik digital ternama Tanah Air, Spotify, baru-baru ini membagikan lima musisi Indonesia yang dinilai sebagai rising star.