Anak Buah Egianus Kogoya Tepati Janjinya, Bikin Teror di Kota Wamena Aparat usai baku tembak dengan satu anggota KKB di Pasar Jibama, Jayawijaya. (ANTARA News Papua/Marius Frisson Yewun)

Merahputih.com - Terjadi baku tembak antara aparat gabungan TNI/Polri dan seorang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya di pusat keramaian, yaitu di Pasar Jibama, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, Jumat (23/8).

Seorang pelaku itu berhasil ditembak mati oleh aparat gabungan TNI/Polri. Tak hanya itu, seorang anggota polisi juga terkena tembakan di bagian paha dan seorang kamra yang kini dirawat di RSUD.

Baca Juga: Wiranto Kobarkan Semangat Kedamaian di Papua

"Sebelumnya Egianus menyampaikan bahwa mereka akan buat teror di kota Wamena," ujar Kapolres Jayawijaya, AKBP Tonny Ananda Swadaya di Wamena, Jumat (23/8).

Pelaku dilaporkan mengancam masyarakat yang berada di lokasi sehingga masyarakat berhamburan ke luar wilayah pasar.

Massa warga Papua turun ke jalan protes aksi rasisme
Ribuan warga Papua turun ke jalan protes aksi rasisme (Foto: antaranews)

"Kita melakukan negosiasi untuk persuasif tetapi dia tembak ke arah saya tiga butir sehingga kita tembak mati," jelas dia.

Ia mengaku, memang empat hari belakangan KKB meneror warga di Kimbim dengan tembakan serta membawa senjata laras panjang masuk pusat keramaian.

Baca Juga: Seusai Demo Depan Istana, Ratusan Mahasiswa Papua dibawa ke LBH Jakarta Pakai Bus

Saat melakukan penyisiran di lokasi Pasar Jibama, sebagaimana dikutip Antara, empat orang yang bersama korban sudah kabur.

KKB yang sebelumnya identik dengan penyerangan di wilayah hutan belantara kini masuk ke pusat keramaian dan belum diketahui pasti penyebab mereka turun ke kota. (*)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH