Anak Buah Anies Ingin Pinjam Rp 5,3 Triliun ke Pemerintah Pusat Kendalikan Banjir Jakarta Sejumlah wilayah Jakarta terendam banjir akibat curah hujan tinggi (Foto: antaranews)

Merahputih.com - Pemprov DKI Jakarta mengusulkan pinjaman anggaran ke Pemerintah Pusat sebesar Rp 5,3 triliun untuk program pengendalian banjir di ibu kota.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI, Nasruddin Djoko mengatakan, anggaran tersebut diperuntukkan untuk penanganan banjir selama dua tahun mulai 2020 hingga 2021.

Baca Juga:

Jakarta Banjir, Bos Fraksi PDIP Kritik Anies 2 Tahun Cuma 'Omdo'

“Program pengendalian banjir itu sebesar kurang lebih Rp 1,7 triliun di tahun 2020, lalu Rp 3,6 triliun pada tahun 2021,” ucap Nasruddin saat dikonfirmasi, Selasa (4/8).

Selain curah hujan tinggi, banjir Jakarta juga disebabkan meluapnya beberapa sungai
Alat telemetri banjir di RW05 Kebon Pala, Kampung Melayu, Jakarta Timur mencatat tinggi muka air mencapai satu meter akibat luapan Kali Ciliwungi. (ANTARA/HO-Satpol PP Kampung M

Usulan pinjaman itu sudah dilayang ke pemerintah pusat. Namun anggaran penanganan banjir Rp 5,3 triliun itu masih dalam proses pembahasan.

Pemprov DKI masih terus menggodok soal usulan anggaran banjir dan program lainnya. Oleh karena itu, angka tersebut masih bisa berubah.

Baca Juga:

Menteri Basuki: Jakarta Banjir Tanggung Jawab Bersama

“Ini usulan kita ya, kami belum berani bilang ini sudah jadi pinjaman tetapi ini masih terus digodok karena ada yang disebut dengan maksimal pagu, syukur kalau ini bisa disetujui,” tutup Nasrudin. (Asp)

Kredit : asropihs

Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH