Anak 12 Tahun Hobi Buat Boneka-Boneka Menyeramkan Callum Donovan Grujicich (Foto: Instagram/CallumDGArt)

TAK seperti anak-anak kebanyakan, Callum Donovan Grujicich memiliki hobi cukup unik. Anak 12 tahun asal Ontario, Kanada ini suka membuat boneka-boneka bernuansa horor. "Aku tahu sebagian orang melihat karyaku menyeramkan, tapi bagiku sama sekali tidak. Aku memang suka hal-hal yang tampak kuno," ucap Callum, seperti dikutip dari video CBC Arts. Berikut ini karya-karya Callum.

callum donovan
Boneka karya Callum (Foto: Instagram/CallumDGArt)

Banyak yang menyandingkan karya seni surealisme Callum dengan Tim Burton. Seperti yang Anda ketahui, Tim Burton adalah sutradara sekaligus produser yang terkenal dengan film-film bernuansa kelam dan misterius, seperti Corpse Bride, Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street, dan Alice in Wonderland.

callum donovan
Boneka karya Callum (Foto: Instagram/CallumDGArt)

"Aku mulai membuat sesuatu sejak umur dua tahun. Waktu itu aku membuat boneka dari kain," kata Callum. Seiring berjalannya waktu, ekspresi dan kreativitas seni Callum semakin berkembang.

"Aku bereksperimen dengan membuat 'tanah liat'-ku sendiri dari tisu toilet, drywall compound (bubuk putih gipsum yang biasa dicampur dengan air untuk dinding interior agar memiliki tampilan mulus -red.), mineral oil, dan lem," jelasnya.

callum donovan
Boneka karya Callum (Foto: Instagram/CallumDGArt)

Sebagai penghias, ia menambahkan material bekas yang ia temukan dari sekitar. "Aku suka menggunakan banyak benda yang aku temukan. Kapanpun aku pergi keluar, aku selalu mengais-ngais dan mencari potongan logam. Aku selalu melihat ke tanah untuk menemukan mereka," cerita Callum. Potongan kain bekas pun ia jahit sendiri menjadi pakaian untuk boneka-bonekanya.

callum donovan
Boneka karya Callum (Foto: callumart.com)

"Orang sering bertanya tentang arti dari karya-karyaku, tapi aku tidak suka membicarakan arti. Aku ingin mereka memikirkan sendiri arti dari boneka-boneka ini daripada aku yang harus memberi tahu," ujar Callum. Menurutnya, ia lebih suka mengekspresikan dirinya lewat seni daripada berbicara.

Dengan bakat dan karya-karyanya yang menakjubkan itu, Callum berhasil meraih juara pertama di sejumlah pameran, di antaranya Whitby Station Gallery, The Oshawa Art Association, dan Scarborough Arts. Boneka-bonekanya juga telah dijual hingga ke beberapa wilayah Amerika Serikat.

Saat besar nanti, Callum ingin ke sekolah seni dan menjadi seniman profesional. Ia mungkin juga akan mengembangkan kreativitasnya ke ranah desain teater dan film. Wah, memiliki talenta yang luar biasa, tentu banyak perusahaan yang sudah tak sabar untuk meminang Callum. (*)

Lihat juga artikel lainnya di sini: Kaos Kaki Aneh, Unik, Jangan Anggap Remeh!



Asty TC

LAINNYA DARI MERAH PUTIH