'Amunisi' Tambahan untuk Ridwan Kamil Jelang Pilgub 2018 Wali Kota Bandung yang juga bakal calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat berdialog dengan awak media di Kota Cirebon, Minggu (10/9) malam. (MP/Mauritz)

MerahPutih.com - Pemilihan kepala daerah (pilkada) Jawa Barat 2018 semakin dekat. Dukungan partai untuk Ridwan Kamil pun kian bertambah. Sebelumnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyatakan dukungan untuk Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Setelah PKB menyatakan dukungan, giliran PPP yang dikabarkan bakal merapat mendukung Wali Kota Bandung itu untuk maju dalam Pilgub Jabar 2018.

Ketua DPW PKB Jabar Syaiful Huda meyakini bahwa partai berlambang kakbah akan segera bergabung untuk mendukung Ridwan Kamil. "Ini tinggal masalah waktu. Kita harus mengupayakan hal ini," kata Syaiful kepada wartawan di Bandung, Kamis (12/10).

Sementara itu, menyikapi kondisi PPP yang tergabung dalam poros baru bentukan Demokrat, Gerindra, dan PAN, Syaiful tegaskan, hal tersebut hanya sebuah dinamika dan tidak bersifat mutlak.

Sehingga, kata Syaiful, PKB menilai itu sebagai sikap politik yang masih bisa berubah. "Kami tidak mempermasalahkan sikap PPP yang saat ini memilih bergabung dengan koalisi poros baru," katanya.

Disinggung terkait kekhawatiran adanya manuver politik dari PPP yang berdiri di dua kubu, Syaiful dan PKB tidak ada permasalahan. "Ini dinamika dan masih panjang prosesnya. Masih empat bulan lagi (untuk mendaftarkan pasangan calon). Artinya dinamika akan terus begitu," katanya.

Meski demikian, waktu pendaftaran pasangan calon ke KPU juga relatif masih cukup panjang. Seluruh partai masih leluasa melakukan penjajakan politik sampai waktu yang telah ditetapkan KPU pada Januari 2018 mendatang. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Yugi Prasetyo, kontributor Merahputih.com untuk wilayah Bandung dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya dalam artikel: Dedy Mulyadi Siap Mundur, Kalau ...


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH