Kuliner

Ampyang, Bulat-bulat Manis dari Yogyakarta

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 22 Mei 2018
Ampyang, Bulat-bulat Manis dari Yogyakarta
Ampyang. (Instagram @ampyang_bumarni)

YOGYAKARTA punya banyak kuliner tradisional yang terkenal. Sebut saja salah satunya gudeg Jogja. Gudeg merupakan olahan nangka muda. Ke Jogja belum menikmati gudeg, rasanya belum sempurna kunjungannya.

Selain pariwisata budaya dan alamnya, Yogyakarta memang surga kuliner tradisional. Kamu tidak akan kehabisan berburu kuliner di Tanah Keraton. Makanan di Yogyakarta dijajakan baik di toko-toko atau tempat makan besar hingga pinggir jalan. Bagi pencinta kuliner basah, blusuk ke pasar tradisional adalah tempatnya.

Dari banyak kuliner tradisional di Yogyakarta, merahputih.com kali ini memperkenalkan ampyang. Makanan ringan tradisional ini berbentuk bulan-bulat kecokelatan dengan rasa manis dan gurih. Kalau kamu ke Jogja, kamu bisa mencari kue ini. Ampyang dicetak bulat seukurang setengah telapak tangan orang dewasa.

Sekilas nama ampyang seperti kuliner dari Korea. Tapi jangan salah, makanan ini asli dari Jogja. Ampyang merupakan makanan tradisional yang terbuat dari kacang tanah dengan diberi gula Jawa. Gula Jawa ini yang merekatkan kacang sehingga membentuk ukuran tertentu.

Sebenarnya makanan ini tidak hanya terdapat di Yogyakarta, ada juga di Solo, Salatiga, dan kota-kota lain di daerah Jawa Tengah. Namun, ampyang dikenal sebagai makanan khas Yogyakarta dan banyak dijual sebagai buah tangan para pelancong.

Kue ampyang khas DI Yogyakarta kerap dijadikan oleh-oleh. (Instagram/ sriwahyuni.yu2n)
Camilan ampyang khas DI Yogyakarta kerap dijadikan oleh-oleh. (Instagram @sriwahyuni.yu2n)

Perkembangan ampyang dari makanan tradisional terus berinovasi. Ampyang sebagai makanan oleh-oleh saat ini tidak melulu berbahan dasar kacang tanah, ada kacang mede yang berasa lebih guruh. Selain itu, ada campuran lain seperti topping cokelat agar menambah rasa dan tampilan ampyang lebih menarik.

Konon, nama "ampyang" disematkan masyarakat terhadap makanan yang sangat disukai anak-anak ini karena bentuknya yang rusak. Ampyang dalam bahasa Jawa untuk menyebut jalanan yang berlubang atau berbatu dan tidak rata.

Ampyang adalah makanan tradhisional khas Jawa yang terbuat dari kacang tanah dan diberi gula jawa. Rasa ampyang itu manis dan gurih.

Bahan-bahan

300 gr Kacang Tanah, sangrai

250 gr Gula Merah Kualitas bagus

50 gr Gula Pasir

1/2 sdt Garam

250 ml Air

Membuat

Kudapan ampyang khas DI Yogyakarta selalu jadi primadona pelancong. (Instagram/ fridajoincoffee)
Kudapan ampyang khas DI Yogyakarta selalu jadi primadona pelancong. (Instagram @fridajoincoffee)

1. Masak gula, garam dan air hingga gula larut. Angkat, saring utk membuang kotoran dari gula

2. Masak kembali air gula diatas wajan hingga mendidih. Sambil diaduk2 diatas api kecil. Setelah meletup2 dan mengental masukkan Kacang Sangrai. Aduk rata sampai lengket satu dan yang lainnya. Angkat

3. Cetak Ampyang diatas kertas nasi/nampan bambu. Ambil 1 sdm adonan taruh lalu cetak. Biarkan dingin

4. Simpan di toples setelahnya.. Dan bisa langsung di nikmati. (zul)

Baca juga berita lainnya tentang kuliner khas Indonesia dalam artikel: Kerupuk Unik Khas Indonesia, Satu atau Dua Pasti Pernah Coba

#Kuliner Yogyakarta #Kuliner Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan