Ampuh Atasi Nyeri saat PMS dengan 4 Cara Ini! Atasi nyeri saat mengalami PMS dengan cara yang tepat (Foto: Unsplash/Milada Vigerova)

BANYAK perempuan yang merasa lebih sensitif dan emosional sebelum dan ketika menstruasi. Selain itu, tidak jarang juga perempuan merasakan kram dan nyeri yang membuat mereka sulit untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Kram ketika PMS memang sangat tidak nyaman. Ini bisa terjadi karena ketika menstruasi, rahim perempuan berkontraksi. Ketika rahim teremas dan kram, ini akan membantu aliran darah keluar dari bagian kewanitaan.

Kebanyakan perempuan mengalami keram dibagian bawah perut yang akan dimulai beberapa hari sebelum menstruasi, dan terkadang lanjut sampai saat masa menstruasi. Nyeri biasanya akan bertambah buruk ketika hari-hari awal menstruasi saat aliran darah sedang deras-derasnya.

Meskipun begitu, jangan takut girls! Ada beberapa cara ampuh yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi nyeri dan kram ketika PMS atau saat menstruasi.

1. Konsumsi obat

Ampuh Atasi Nyeri saat PMS Dengan 4 Cara Ini!
Konsumsilah obat penghilang rasa sakit. (Foto: onhealth.com)

Cobalah untuk mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit seperti Ibuprofen, Naproxen, atau Parasetamol untuk mengurangi rasa sakit dari nyeri. Obat penghilang rasa sakit ini berfungsi mengurangi produksi prostaglandin, zat yang menyerupai hormon.

Selalu ikuti instruksi sesuai aturan yang tertera dalam kemasan obat, bicarakanlah dengan dokter sebelum mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit ini. Misalnya, jika kamu memiliki alergi terhadap aspirin atau kamu mengidap penyakit asma.

2. Kompres Air Hangat

Ampuh Atasi Nyeri saat PMS Dengan 4 Cara Ini!
Mengompres perut dengan bantalan hangat bisa hilangkan nyeri PMS (Foto: medical news today)

Kamu bisa mengompres bagian perut atau bagian pinggul belakangmu dengan handuk hangat. Atau kamu juga mengurangi rasa sakit dengan mandi air panas dan cukup istirahat.

3. Minum teh chamomile

Ampuh Atasi Nyeri saat PMS Dengan 4 Cara Ini!
Teh chamomile bisa menghambat zat prostaglandin. (Foto: onhealth.com)

Teh chamomile memiliki kandungan zat anti-inflamasi yang bisa menghambat prostaglandin yang memicu kontraksi otot rahim, rasa sakit, serta kram.

Baca juga:

5 Makanan yang Cocok Dikonsumsi saat PMS, Dijamin Enggak Bikin Cranky

Prostaglandin di dalam aliran darah juga memicu rasa mual, ingin muntah, diare, serta sakit kepala ketika periode menstruasi. Selain menghambat prostaglandin, teh chamomile juga bisa melancarkan aliran darah ketika menstruasi.

4. Kurangi kafein

Ampuh Atasi Nyeri saat PMS Dengan 4 Cara Ini!
Ganti kafein dengan smoothie sehat untuk mengurangi nyeri saat PMS. (Foto: onhealth.com)

Mengurangi konsumsi kafein dapat membantu mengurangi rasa nyeri ketika PMS. Jika kamu biasa mengkonsumsi kafein setiap hari, maka kurangilah dosisnya secara perlahan.

Sebagai penggantinya, cobalah smoothie yang kaya akan kandungan hijau antioksidan serta buah-buahan dan protein. (shn)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH