Ampas Kopi Memberikan Efek Cantik Ampas kopi dapat dijadikan scrub untuk wajah. (Foto: beautyhacked)

AMPAS kopi sebaiknya jangan dibuang, masih dapat dipergunakan untuk dijadikan masker. Ampas kopi menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan, terutama bagi kecantikan kulit. Kandungan antioksidan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Laman Go Dok menuliskan, daripada terus bergantung pada produk kosmetik dengan campuran kimia. Lebih baik menggunakan bahan alami berupa ampas kopi yang kemudian diracik sendiri menjadi scrub.

Kopi menjadi bahan yang sangat cocok sebagai scrub alami karena sifatnya yang tidak terlalu keras pada kulit. Dapat pula menjadi eksfoliator yang bagus untuk bagi kulit kepala. Kulit kita memang perlu melalui proses pengelupasan sebagai upaya mengganti dan mengangkat sel-sel kulit mati. Agar kulit tetap bercahaya.


1. Kopi mengandung antioksidan yang kaya

kopi
Memperkuat pertahanan alami kulit. (Foto: Pexels/Janko Ferlic)

Dalam kopi terdapat sejumlah besar antioksidan, termasuk polifenol dan asam hidrokinamik. Antioksidan ini dapat meningkatkan kesehatan dan membantu mengurangi risiko beberapa penyakit. Antioksidan dalam kopi melindungi dan memperkuat pertahanan alami kulit dari zat-zat radikal bebas.


2. Kopi dapat menjadi tabir surya

cewek
Kafein mampu melindungi kulit dari karsinogen UV. (Foto: Pexels/Pixabay)


Ultraviolet (UV) berbahaya bagi kulit. Bahkan dapat menyebabkan penyakit kulit yang mengancam jiwa. Untungnya kafein mampu melindungi kulit dari karsinogen UV. Kafein sebenarnya menghambat respon kerusakan DNA, sehingga melindungi kulit dari efek buruk UVB.


3. Kopi mampu mampu mengatur pertumbuhan sel

cewek
Kopi meningkatkan elestisitas kulit. (Foto: Pexels/Pixabay)

Ternyata kopi memainkan peran penting dalam mengatur pertumbuhan kembali sel. Termasuk meningkatkan kolagen dan elastisitas kulit.


4. Kopi mengangkat sel-sel mati dari kulit

cewek
Kopi emnjadi agen pengelupas penghilang kotoran. (Foto: Pixabay/ivanovgood)

Sel-sel kulit mati yang diangkat akan membuat kulit menjadi sehat dan berenergi. Mampu pula mengurangi pembengkakan jaringan kulit secara efektif. Partikel-partikel kasar di bubuk kopi bekerja sebagai agen pengelupas untuk membantu menghilangkan kotoran dan sel-sel mati dari kulit. Jika rutin memakai masker kopi maka kulit wajah akan menjadi lebih cerah. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH