Amir Syamsuddin Jadi Saksi Terkait Dugaan Korupsi Payment Gateway Denny Indrayana bekas Wamenkumham yang jadi tersangka dalam kasus dugaan korupsi Payment Gateway. (antara foto)

MerahPutih Nasional - Bekas Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Amir Syamsuddin dipanggil penyidik Bareskrim Mabes Polri terkait dugaan tindak pidana korupsi Payment Gateway di Direktorat Jenderal Imigrasi.

Direktur Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Mabes Polri Brigjen Pol Ahmad Wiyagus menjelaskan bahwa politikus Partai Demokrat tersebut tengah diperiksa penyidik Bareskrim Mabes Polri. Amir sudah tiga kali dipanggil penyidik Bareskrim Mabes Polri terkait dugaan korupsi tersebut.

"Betul, dalam kasus Payment Gateway," katanya di Mabes Polri, Senin (1/6).

Ditempat sama, usai diperiksa sebagai saksi, Amir Syamsuddin menjelaskan bahwa dirinya diperiksa sebagai saksi terkait kasus Payment gateaway di Kemenkumham tahun anggaran 2004.

"Payment Gateway dan itu yang saya jelaskan. Ini cuman mengkonfirmasi mengenai rapat itu, pengetahuan saya tentang rapat itu," katanya di lokasi serupa.

Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat itu sejak pagi diperiksa oleh penyidik Bareskrim Mabes Polri sebagai saksi dugaan korupsi pada pelaksanaan pembayaran paspor secara elektronik. Ia menjelaskan bahwa ada banyak sekali rapat yang dilakukan tanpa kehadiran dirinya.

"Ada belasan rapat yang tidak pernah saya hadiri," tandas Amir.

Seperti diberitakan MerahPutih.com sebelumnya kasus dugaan korupsi Payment Gateaway sendiri telah menjerat Wamenkumham Denny Indrayana. Denny ditetapkan sebagai tersangka oleh Bareskrim Mabes Polri pada tanggal 24 Maret 2015.

Ia ditetapkan sebagai tersangka dalam dugaan kasus pembayaran pembuatan paspor online tahun anggaran 2014. Atas kegiatan itu, penyidik menemukan kerugian negara hingga 32 miliar. Kepolisian juga menduga ada pungutan sebesar Rp605 juta dari sistem payment gateway. (gms)

BACA JUGA:

Kasus Mega Korupsi PT TPPI, Polisi Bakal Periksa Sri Mulyani 

Lima Profesor Ini Terjerat Kasus Korupsi

 

 



Bahaudin Marcopolo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH