Amien Rais Serukan People Power, Aktivis 98: Dia Bapak Reformasi yang Suka Menelikung Sekjen JARI 98 Ferry Supriyadi mengkritik seruan people power Amien Rais (Foto: celotehjateng.com)

MerahPutih.Com - Jamak disebut sebagai salah satu 'Bapak Reformasi' pijar dan orbit pengaruh Amien Rais belakangan ini justru menuai kontroversi. Ancaman pengerahan massa atau people power ke KPU menunjukkan sosok yang pernah dipuja sebagai 'bidan' reformasi tahun 1998 itu terjebak dalam apa yang disebut kontradiksi.

Ancaman people power Amien Rais bagi aktivis dan mahasiswa yang berjuang bersama mantan Ketua Umum PAN itu dianggap sebagai cara menelikung dari amanat reformasi itu sendiri.

Sejumlah aktivis 98 yang tergabung dalam Jaringan Aktivisi Reformasi Indonesia (JARI 89) menyayangkan ancaman people power yang diserukan Amien Rais.

Amien Rais memberikan keterangan pers kepada wartawan
Amien Rais memberikan pernyataan sikap kepada wartawan di kediamannya, Sleman (ANTARA FOTO/Regina Safri)

Menurut Sekjen JARI 98 Ferry Supriyadi, people power bisa terjadi jika anak kandung Amien tak lolos melaju ke Senayan.

"People power bisa terjadi jika anak-anaknya gagal menjadi anggota parlemen," ungkap Ferry dalam keterangan persnya di Jakarta, Selasa (9/4).

Ferry menyebut Amien bukanlah sosok negarawan justru sebagai biang onar yang hanya ingin memuaskan syahwat politiknya.

BACA JUGA: Pengamat Nilai Amien Rais Intimidasi Arah Dukungan Politik Muhammadiyah

Ucapan Prabowo dan Politik Identitas Pemicu Terjadinya Polarisasi Dukungan

Ancaman People Power Amien Rais Dinilai Permalukan Diri Sendiri

"Amien tidak layak sebagai figur yang ditokohkan. Bangsa ini harus maju kedepan," ungkap dia lagi.

Pihaknya menyayangkan dengan kelakuan elite politik yang kerap membuat masyarakat marah, sehingga berpotensi membuat konflik horizontal.

Hal seperti ini sudah terbukti pada kasus Ratna Sarumpaet terjadi, sejumlah tokoh yang sebelumnya berteriak membela RS kini lepas tangan. Oleh sebab itu, Ferry tidak terlalu merisaukan ancaman Amien Rais.

"Tapi kami yakin ancaman Amien tak ada efeknya. Amien kerap menelikung di akhir jalan. Seperti yang terjadi pada tahun 1998," pungkas Ferry Supriyadi.(*)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH