Amien Rais Maju Capres, Gerindra: Pak Amien Rais itu Anak Bangsa Politikus Gerindra Mohamad Nizar Zahro saat diskusi publik di Cikini, Jakarta Pusat (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.Com - Partai Gerindra buka suara menanggapi Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais yang dideklarasikan Koalisi Umat Madani Center (KUM) sebagai calon presiden 2019.

Politikus Partai Gerindra, Mohamad Nizar Zahro mempersilahkan siapapun untuk maju sebagai capres pada Pemilu 2019, termasuk Amirn Rais. Menurut Nizar, hal itu sejalan dengan pada pasal 27 dan 28 UUD 1945.

"Sikap Gerindra itu patuh pada UU. UUD 1945 pasal 27 dan 28, bahwa siapapun orangnya berhak memilih dan dipilih," kata Nizar dalam diskusi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (3/7).

"Pak Amien Rais itu anak bangsa. Berhak mencalonkan diri sebagai capres. Apakah memenuhi Presidential Threshold? Itu lain persoalan," kata dia menambahkan.

Amien Rais bersama Habib Rizieq
Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais (kedua kiri) dan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab (paling kanan). (Ist)

Gerindra, kata Nizar menghormati siapapun anak bangsa yang ingin mencalonkan diri sebagai capres. Dia pun menegaskan, pihaknya tak khawatir jika PAN nantinya mendukung pencalonan Amien Rais tersebut.

"Gerindra tidak akan terganggu. Apakah PAN gabung tidak? Apakah PAN gabung ke koalisi pemerintah? Kita santai aja. Politik kan bagian dari demokrasi," tutur dia.

Sebelumnya, sekelompok masyarakat yang menamakan diri dari Koalisi Ummat Madani (KUM) meminta Amien Rais untuk segera 'turun gunung' menjadi capres di Pilpres 2019.

Amien Rais bersama Sudirman Said
Ketua Dewan Pertimbangan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais (kiri) dan Sudirman Said di Komplek Senayan, Jakarta, Kamis (2/11)

Kelompok masyarakat pimpinan Letnan Jenderal (Purn) Syarwan Hamid ini menilai langkah 'turun gunung' Amien agar dapat memainkan peran penting dan strategis menyelamatkan nasib bangsa yang sedang di ujung tanduk.

"Kami meminta Bapak Amien Rais untuk segera 'turun gunung' guna memenuhi panggilan umat," demikian bunyi pernyataan pers Deklarasi Meminta dan Mengusung Amien Rais sebagai Capres RI 2019, Sabtu (30/6).(Pon)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Palestina Jadi Tantangan Terbesar Diplomasi Indonesia

Kredit : ponco


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH