Amien Rais Kena Dampaknya Jika PAN Reformasi Lahir Amien Rais. (Foto: antaranews)

Merahputih.com - Pengamat Politik Universitas Muhammadiyah Kupang, Ahmad Atang menilai pembentukan Partai Amanat Nasional (PAN) Reformasi akan membangun stigma buruk terhadap Amien Rais.

"Bagi saya, jika keinginan tersebut direalisasikan maka akan membangun stigma buruk terhadap Amien Rais, karena Amin Rais adalah PAN dan PAN adalah Amin Rais," kata Atang, Jumat (13/3).

Baca Juga:

Penyerahan Berkas Perkara Pelaku Makar 'Bintang Kejora' Dianggap Janggal

Ia menegaskan, sejarah lahirnya partai politik di Indonesia adalah sejarah soal kekecewaan terhadap induk partai, karena ketidakpuasan terhadap proses politik di internal. Sebut saja PDI Perjuangan yang lahir dari Partai Demokrasi Indonesia, Partai Hanura, Partai Gerindra, dan Partai NasDem lahir dari Partai Golkar.

Selain PDP lahir dari PDI Perjuangan, PBR lahir dari PPP, Partai Gelora lahir dari PKS dan Partai Matahari Bangsa (PMB) lahir dari PAN.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan (dua kanan) dan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais (tiga kanan) dalam pembukaan rakernas PAN di Hotel Milenium, Jakarta, Sabtu (7/12/2019) (ANTARA News/Fathur Rochman)

"Para kader partai keluar dari partai induk, dan mendirikan partai baru, namun tidak semuanya berhasil eksis dalam peta politik nasional. Ada yang berhasil membangun partai seperti Partai Gerindra dan Partai Nasdem, tapi banyak juga yang gagal seperti Hanura, PMB, PDP dan PBR," jelas dia.

Artinya, sebagaimana dikutip Antara, wacana Amin Rais akan membentuk partai baru, yakni PAN Reformasi memiliki sejarah yang sama seperti sejumlah partai yang sudah lahir sebelumnya.

Baca Juga

Amien Rais Ingatkan Jokowi dan Prabowo Aib Bagi-Bagi Kursi

Namun, jika keinginan tersebut direalisasikan, maka akan membangun stigma buruk terhadap Amin Rais. "Hal ini terjadi karena stereotip Rais adalah PAN dan PAN adalah Amin Rais. Kata Atang, dengan mendirikan PAN Reformasi sama artinya dengan "bunuh diri"," jelas dia. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH