Wisata Dunia
Amerika Serikat Sambut Pelancong, ini Aturannya AS siap sambut pelancong dengan berbagai syarat. (skynews.com)

KABAR baik bagi para pelancong, Amerika Serikat (AS) mengumumkan rencana untuk mengizinkan pelancong mancanegara masuk ke negara tersebut melalui pesawat udara pada Senin (20/9). Mulai awal November, kalau kamu sudah divaksinasi penuh, pintu ke AS terbuka.

Rencana tersebut melonggarkan dan memperketat aturan yang ada, tergantung pada negara asal wisatawan internasional dan status vaksinasi mereka. Berikut yang perlu kamu ketahui tentang kebijakan AS tersebut seperti dirangkum dari CNN (22/9).

BACA JUGA:

Toilet Hands-free Juara di Crystal Cabin Awards

1. Kelonggaran Negara yang Terkena Larangan Perjalanan

Pintu akhirnya terbuka untuk orang-orang di negara-negara yang terkena larangan perjalanan, yaitu dari Tiongkok, Iran, wilayah Schengen Eropa, Inggris, Republik Irlandia, Brasil, Afrika Selatan, dan India.

Untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu tahun dalam banyak kasus, warga negara asing yang divaksinasi yang telah berada di negara-negara tersebut dalam 14 hari sebelum memasuki Amerika Serikat akan segera diizinkan masuk dengan bukti vaksinasi dan tes COVID-19 negatif yang diambil dalam waktu tiga hari penerbangan mereka.

wisata
Pelancong yang tidak divaksinasi dari negara lain tidak akan diizinkan lagi masuk AS. (ktla.com)

2. Pengetatan Negara yang Tidak Ada Larangan Perjalanan

Pelancong yang tidak divaksinasi dari negara lain tidak akan diizinkan lagi masuk AS. Saat ini, tes COVID-19 negatif atau bukti baru pulih dari COVID-19 memungkinkan pelancong internasional yang tidak divaksinasi yang tidak terpengaruh oleh larangan perjalanan untuk memasuki Amerika Serikat.

Namun, aturan baru akan mengharuskan warga negara asing dewasa untuk memberikan bukti vaksinasi dan hasil tes COVID-19 negatif yang diambil dalam waktu tiga hari setelah penerbangan mereka. Jadi pintu AS tampaknya akan ditutup untuk pelancong yang tidak divaksinasi dari negara lain.

3. Aturan Perjalanan bagi Warga negara AS

Warga yang tidak divaksinasi dan penduduk tetap akan tetap diizinkan masuk, dengan pengujian yang lebih ketat. Orang Amerika yang tidak divaksinasi adalah pengecualian, tetapi mereka wajib mengikuti persyaratan pengujian yang lebih ketat, termasuk tes dalam satu hari setelah keberangkatan penerbangan mereka ke Amerika Serikat dan tes tambahan ketika mereka kembali. Demikian dikatakan Juru Bicara Gedung Putih untuk Koordinasi COVID-19 Jeff Zients pada Senin (20/9).

4. Aturan Perjalanan Bagi Anak-anak

Anak-anak yang tidak divaksinasi juga akan diterima, dengan pengujian tambahanPersyaratan yang lebih ketat, seperti untuk orang Amerika yang tidak divaksinasi. "Pada titik ini, jelas akan berlaku untuk anak-anak juga," kata Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki dalam briefing pada hari yang sama.

5. Makna Vaksinasi Penuh

"Vaksinasi penuh," menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) AS, adalah mereka yang telah menerima vaksin yang disetujui untuk digunakan di Amerika Serikat sesuai dosis yang ditentukan, serta mereka yang menerima vaksin yang terdaftar untuk penggunaan darurat oleh WHO yang mungkin belum memiliki persetujuan di AS, seperti vaksin AstraZeneca.

wisata
Perintah tracing dari CDC akan mengharuskan maskapai penerbangan untuk mengumpulkan informasi kontak. (elitelv.com)

6. Data Tracing

Perintah tracing dari CDC akan mengharuskan maskapai penerbangan untuk mengumpulkan informasi kontak yang komprehensif untuk setiap penumpang yang datang ke Amerika Serikat. Maskapau harus memberikan informasi itu segera ke CDC, atas permintaan, untuk menindaklanjuti dengan pelancong yang telah terpapar COVID-19 varian atau patogen lainnya.

7. Perlintasan di Perbatasan Darat AS Masih Dilarang

Penutupan perbatasan darat AS untuk perjalanan yang tidak penting, yang dimulai pada Maret 2020, diperpanjang pada Senin hingga 21 Oktober. "Tidak ada pembaruan lebih lanjut tentang kebijakan itu pada saat ini," kata Zients. Mengemudi ke AS dari Meksiko atau Kanada tidak diizinkan tanpa alasan yang penting.

Sementara, Kanada baru-baru ini membuka perbatasan daratnya, serta akses melalui udara, untuk orang Amerika yang divaksinasi. Meksiko juga telah mengizinkan kedatangan asing melalui udara selama pandemi tanpa pengujian atau bukti vaksinasi.

Wisatawan yang tiba di Amerika Serikat melalui udara dari Meksiko dan Kanada saat ini diharuskan menunjukkan bukti tes COVID-19 yang negatif. Segera, persyaratan itu akan beralih ke bukti vaksinasi serta tes negatif. (aru)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Sony Akuisisi Delight Works untuk Garap Game Smartphone
Fun
Sony Akuisisi Delight Works untuk Garap Game Smartphone

Sony berambisi meramaikan pasar game smartphone.

Catsuit Sampai Chain Belt, Intip 4 Tren Pakaian dan Aksesoris Pada 2022
Fashion
Catsuit Sampai Chain Belt, Intip 4 Tren Pakaian dan Aksesoris Pada 2022

Mana gaya berpakaian yang paling cocok dengan seleramu?

Tetap Kuat dan Sehat Meskipun Kanker
Fun
Tetap Kuat dan Sehat Meskipun Kanker

Melawan kanker memang bukan perkara mudah tapi bukan hal yang sulit pula.

Warren Hue Rilis Single 'Handsome', Sindir Gaya Hidup Palsu
ShowBiz
Warren Hue Rilis Single 'Handsome', Sindir Gaya Hidup Palsu

'Handsome' bagian dari album terbarunya.

Timnas Esports Indonesia Incar Medali Emas untuk 'Mobile Legends' di SEA Games 2021
Fun
BTS Ungkap Alasan Jadikan ‘Proof’ Album Antologi
ShowBiz
BTS Ungkap Alasan Jadikan ‘Proof’ Album Antologi

BTS seperti menjadikan Proof sebagai kilas balik perjalanan karier mereka sejak debut pada 13 Juni 2013.

Tetap Stylish Saat Idul Adha Meski PPKM Darurat
Fashion
Tetap Stylish Saat Idul Adha Meski PPKM Darurat

Walaupun hanya sekadar foto keluarga.

Toleransi dalam Stoples Kue Kering Khas Lebaran
Hiburan & Gaya Hidup
Toleransi dalam Stoples Kue Kering Khas Lebaran

Kue kering mulanya dikenal pada masa kolonial melalui pertukaran hantaran dari keluarga Eropa.

Setelah Menunggu Tiga Tahun Akhirnya Roller Champions akan Segera Rilis
Fun
Setelah Menunggu Tiga Tahun Akhirnya Roller Champions akan Segera Rilis

Perusahaan gim ternama, Ubisoft akhirnya akan segera merilis Roller Champions pada 25 Mei atau tepatnya di hari Rabu pekan depan.

‘Rumangsa’ Rangkaian Single Terakhir Hursa Menuju Album Kedua
ShowBiz
‘Rumangsa’ Rangkaian Single Terakhir Hursa Menuju Album Kedua

Single terbaru ini digarap bersama pianis jazz, Sri ‘Aga’ Hanuraga.