Amelia Hapsari, Sineas Indonesia Pertama yang Dipercaya Sebagai Juri Penghargaan Oscar Amelia Hapsari ditunjuk sebagai juri Oscar (Foto: VoA Indonesia)

SINEAS Indonesia tak henti mengharumkan nama bangsa di kancah Internasional. Jika biasanya karya anak bangsa yang masuk jajaran film terbaik dunia, kini justru sineasnya yang masuk di panggung dunia. Dia adalah Amelia Hapsari.

Pegiat film dokumenter tersebut terpilih sebagai juri piala Oscar pertama dari Indonesia. Terpilihnya Amelia sebagai anggota the Academy of Motion Picture Arts and Science (AMPAS) sebagai penyelenggara Oscar, tentu menjadi catatan emas dalam sejarah perfilman Indonesia.

Baca juga:

Sempat Terancam Ditunda, Oscar Dijadwalkan Pada April 2021

Anggota AMPAS berjumlah 9000 orang dimana 45 persennya adalah perempuan dan 36 persennya berasal dari komunitas dengan etnis yang kurang terwakili. Mereka terpilih atas kontribusinya di industri film.

Amelia berhasil menjadi satu dari 819 anggota baru AMPAS dalam beberapa tahun karena kontribusinya dalam mempromosikan film dokumenter Asia Tenggara. Tak hanya itu, ia juga berperan sebagai penghubung antara film dokumenter Asia Tenggara dan internasional.

Baca juga:

Sutradara 'John Wick' Ingin Stuntman Dapat Penghargaan Oscar

Amelia Hapsari, Sineas Indonesia Pertama yang Dipercaya Sebagai Juri untuk Oscar
Amelia punya peran besar bagi perkembangan film dokumenter Asia Tenggara (Foto: VoA Indonesia)

"Menjadi bagian dari Academy layaknya memiliki sebuah suara. Bagi saya suara itu harus digunakan sebaik-baiknya untuk memberi dukungan kepada mereka yang benar-benar layak namun tidak punya tempat di kompetisi Oscar," ujarnya seperti dilansir VoA Indonesia.

Sebagai anggota AMPAS, Amel tidak hanya bertugas menjadi juri dan memberi penilaian kepada para nominator. Ia juga harus menjadi mentor dan membagikan pengalamannya selama berkecimpung di perfilman dokumenter.

Amelia yang tidak berdomisili di Los Angeles, menemukan sedikit kendala saat harus menilai puluhan karya yang masuk. Untuk mensiasatinya, ia memanfaatkan teknologi dengan cara menyaksikan film yang masuk atau memberi mentoring secara virtual. (avia)

Baca juga:

Gara-Gara Pandemi, Aturan Oscar 2021 Diubah

Kredit : iftinavia


Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH