Ambon Diguncang Gempa 4,1 SR, ASN Kantor Gubernur Maluku Berhamburan Ilustrasi Foto Gempa Bumi. foto: Istockphoto

Merahputih.com - Para aparatur sipil negara (ASN) di kantor Gubernur Maluku, di Ambon, Senin pagi, berhamburan keluar ruangan akibat guncangan gempa magnitudo 4,1 pada pukul 10.21 WIT.

Wagub Maluku, Barnabas Orno juga sempat keluar dari ruangan kerjanya untuk mengingatkan para staf akibat gempa dengan lokasi di 3,45 Lintang Selatan dan 128.31 Bujur Timur tersebut.

Baca Juga:

Cara Ampuh Mengatasi Trauma Akibat Gempa

Para ASN, terutama perempuan berlarian memanfaatkan lift maupun tangga di ruangan mulai lantai tiga hingga enam.

Mereka berkumpul di halaman belakang kantor Gubernur Maluku menghindar karena khawatir gempa susulan maupun gedung kemungkinan roboh karena guncangan magnitudo 6,5 pada 26 September 2019 ternyata sebagian dinding retak sehingga ada yang pindah ruangan seperti Kesbangpol di lantai lima pindah ke bekas ruangan Korpri di lantai dua.

Gempa bumi di sumur Banten
Ilustrasi Gempa Bumi. (Thepioneeronline)

Guncangan gempa magnitudo 4,1 pada Senin pagi juga terlihat staf BPK di lantai enam pindah ke ruangan Inspektorat Maluku di lantai dasar.

"Siapa yang tidak menyelamatkan diri dengan gedung berlantai tujuh yang sejumlah dinding telah retak. Apalagi guncangan terasa sangat kuat," ujar para ASN sebagaimana dilaporkan Antara.

Baca Juga:

Tips Menata Rumah untuk Meminimalisir Dampak Gempa Bumi

Bahkan, sejumlah ASN juga berlarian ke sekolah-sekolah untuk mengamankan anak- anak mereka memanfaatkan sepeda motor dan mobil pribadi, dinas maupun sewa.

"Anak saya telpon minta dijemput karena takut diguncang gempa," ujar ASN bernama Merry. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH