Ambil Jatah Libur untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Senin, 19 November 2018
Ambil Jatah Libur untuk Menjaga Kesehatan Jantung
Segera berlibur agar tubuh kamu sehat secara fisik dan mental (Foto: Pexels Te lensFix)

TERJEBAK dalam rutinitas harian yang sama tentu terasa membosankan. Bangun tidur, mandi, dan langsung siap-siap ke kantor. Sesampainya di kantor langsung disuguhkan dokumen pekerjaan yang menumpuk. Belum lagi teguran dari atasan yang wajahnya enggak friendly banget. Rasanya dunia mau berakhir.

Rupanya kalau kamu merasakan hal ini terus menerus, dapat membuat jantung kamu tidak sehat. Demikian menurut laman Go Dok. Sebagai solusinya kamu benar-benar butuh liburan. Karena percaya atau tidak berlibur dapat menjaga kesehatan jantung kamu.

Ya, benar sekali berlibur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kamu secara fisik dan mental. Bahkan, setelah berlibur produktivitas kamu di kantor akan meningkat. Oleh karena itu ambil jatah libur kamu untuk mendapatkan manfaat ini.

1. Menjaga kesehatan jantung

Selain menyehatkan jantung liburan menghindari kamu dari depresi (Foto: Pexels/Pixabay)

Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 1992. Dalam penelitian itu menunjukkan pekerja yang tidak mengambil cuti liburan selama 20 tahun memiliki risiko 30 persen lebih tinggi terkena serangan jantung. Jadi buru-buru deh kamu ambil jatah cuti kamu tahun ini. Apalagi mumpung mau penutupan tahun. Selain itu, berlibur dapat menghilangkan stres. Sehingga kamu pun akan terhindar dari rasa depresi. Setidaknya ambil lah jatah berlibur kamu 1-2 hari.

2. Meningkatkan produktivitas

Performa kerja kamu pun akan meningkat sepulang berlibur (Foto: Pexels/bruce mars)

Kamu akan merasa malas dan kekurangan ide kalau terus menerus bekerja di kantor. Produktivitas kamu pun akan menurun. Berliburan harus kamu lakukan untuk meningkatkan kembali produktivitas kamu. Sebuah studi yang dilakukan oleh Ernst & Young mengungkapkan bahwa setiap 10 jam berlibur, performa pekerja meningkat hingga 8 persen di akhir tahun. Sepulang liburan intinya pikiran kamu akan lebih fokus di kantor.

3. Membuat suasana hati lebih baik

Kembalikan suasana hati kamu yang baik dengan berlibur (Foto: Pexels/Pixabay)

Pola hidup kamu tidak teratur karena berlebihan bekerja. Waktu makan kamu juga menjadi berantakan. Waktu tidur ikut menjadi tidak teratur karena sering begadang demi mengejar deadline. Kombinasi pola hidup yang tidak teratur ini akhirnya membuat suasana hati kamu buruk alias bad mood. Jika hal ini terjadi tandanya kamu benar-benar butuh liburan. Manfaatkan long weekend, atau ambil waktu cuti selama seminggu untuk membuat suasana hati kamu menjadi lebih baik.

Sahabat Merah Putih, segeralah berlibur supaya kamu sehat secara fisik dan mental ya! (ikh)

Baca juga : Jangan Galau, Obati Patah Hati dengan Traveling

Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan