Ambah Batik Primadona Baru Fashion Nasional Salah satu desain Ambah Batik (Foto : Twitter @ambah_kreatif)

MerahPutih Bisnis - Nama Ambah Batik mungkin tidak setenar Iwan Tirta atau Batik Keris, namun brand yang baru berdiri sejak tahun 2013 ini cukup populer di industri fashion tanah air sebagai brand yang mengangkat batik sebagai hasil produknya.

Dengan motif utama yakni pucuk rebung, Ambah Batik terus memperkenalkan batik motif khas melayu ini ke khalayak ramai. Bahkan Ambah Batik memiliki visi dan misi yang sama dengan filosofi motif batik pucuk rebung.

Secara arti Ambah diambil dari bahasa Jawa kuno amba yang artinya menulis. Sedangkan penambahan huruf 'H' merupakan dari hidup. Terdapat pula logo Ambah yang menyerupai pucuk rebung sehingga melahirkan makna menulis kisah kehidupan yang bermanfaat bagi orang lain.

Pemilik Ambah Batik yakni Dina Rimandra Handayani sebelumnya merupakan pengusaha bisnis kuliner. Hingga akhirnya Dina mulai melebarkan sayapnya di dunia fashion.

Salah satu bentuk desain Ambah Batik (Foto : Twitter @ambah_kreatif)

Melalui situs resminya www.ambahkreatif.com, Ambah Batik menampilkan koleksi-koleksi pakaian batik yang sangat trendy. Selain itu Ambah Batik juga menjual batik dalam bentuk kain.

Batik memang menjadi warisan budaya Indonesia yang patut dibanggakan. Di setiap daerah, motif batik pun beraneka ragam seperti motif sekar jagad, motif batik kraton, motif Jepara, motif Mega Mendung dan motif batik Pekalongan.

Salah satu motif batik yang belum familiar adalah motif pucuk rebung. Motif ini umumnya dipakai di daerah melayu melayu seperti Riau, Sumatera hingga Aceh, namun motif ini juga bisa dilihat di daerah Jawa.

Motif batik pucuk rebung memiliki makna yang cukup mendalam bagi kehidupan. Dalam motif ini seseorang diajarkan untuk selalu bermanfaat bagi orang lain. Selain itu pucuk rebung juga memiliki arti harapan dan kekuatan yang kokoh layaknya pohon bambu. (YNI)

 

BACA JUGA :

  1. Mewujudkan Desa Migratif Dengan Pelatihan Membatik
  2. Batik "Puspa Vandahong” Simbol Harmonisasi Kehidupan Masyarakat Tangerang
  3. Mengenal Sejarah Jalan Daendels dari Karya Batik Tulis Lasem
  4. Kravasia.com Gandeng Pengrajin Batik Untuk Perkenalkan Warisan Budaya


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH