Film

Amazon akan Gratiskan Sejumlah Konten Original Prime Video

Andrew FrancoisAndrew Francois - Selasa, 02 Mei 2023
Amazon akan Gratiskan Sejumlah Konten Original Prime Video
Konten akan tersedia gratis namun dengan tayangan iklan. (Foto: Amazon)

AMAZON akan menambahkan lebih dari 100 judul konten Prime Video original ke Freevee, layanan streaming gratis yang disediakan perusahaan namun didukung iklan. Layanan itu direncanakan meluncur tahun ini, dan beberapa judul konten dilaporkan akan tersedia di sana secara gratis, lapor The Verge, Selasa (2/5).

Judul-judul yang dimaksud, seperti The Summer I Turned Pretty hingga A League of Their Own. Disebutkan bahwa konten-konten itu akan bisa dinikmati secara gratis mulai 26 Mei. Perusahaan juga akan menambahkan beberapa episode pertama dari The Terminal List dan Paper Girl ke Freevee, nama layanan streaming gratis tersebut.

Freevee juga dilaporkan akan mendapatkan semua episode serial Goliath dan The Tick, musim pertama Upload, musim pertama dan kedua Homecoming, hingga film sci-fi The Vast of Night. Sementara, beberapa konten akan terus ditambahkan Amazon ke Freevee.

Baca juga:

Amazon Prime Peringatkan Pelanggan Adanya Penipuan

Konten tersedia gratis dengan iklan. (Foto: Amazon)

Misal, musim pertama Reacher dan The Wheel of Time yang akan tersedia di Freevee secara gratis pada akhir tahun 2023. Meski ditayangkan di Freevee, acara-acara itu akan tetap tersedia untuk tayangan bebas iklan di platform streaming Amazon Prime Video.

Freevee yang awalnya bernama IMDb Freedive saat pertama kali diluncurkan pada 2019, hanyalah salah satu dari banyak opsi streaming yang tersedia gratis namun didukung iklan. Layanan itu menawarkan ratusan acara dan film sesuai permintaan yang dapat ditonton secara cuma-cuma.

Jenis streaming itu sedang naik daun, karena dapat mengimbangi meningkatnya biaya langganan streaming. Kemiripannya dengan televisi konvensional juga membuatnya menarik, karena akan memberikan pengalaman yang sama seperti menonton film saat di televisi dahulu.

Baca juga:

Awal Tahun Depan, Amazon Luncurkan Prototipe Satelit Internet

Berbagai konten baru akan terus ditambahkan. (Foto: Amazon)

Namun, apa yang dilakukan Freevee ini bukan barang baru, karena sudah ada kompetitor Amazon yang melakukan strategi serupa. Adalah Pluto TV, sebuah layanan streaming besutan Paramount yang menawarkan preview beberapa konten di Paramount+.

Jadi, sebelum memutuskan untuk berlangganan agar dapat menonton kontennya secara penuh di Paramount+, pengguna bisa terlebih dahulu menyaksikan preview konten yang mereka ingin tonton di Pluto TV, baru memutuskan akan berlangganan atau tidak.

Kini, langkah Amazon untuk menambahkan konten premium ke Freevee bisa dibilang sama dengan apa yang dilakukan Paramount+. Sejatinya itu bukan strategi yang buruk, dan menempatkan Amazon di situasi yang win-win. Mereka mendapat imbalan dari pengiklan, dan berpotensi meraih lebih banyak pengguna baru. (waf)

Baca juga:

Sekarang Pelanggan Prime Bisa Nikmati Amazon Music Gratis

#Film #Prime Video
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan