Amankan Pilpres dan Pileg, Kodam Jaya Apel Gelar Pasukan di Monas Kodam Jaya melakukan gelar pasukan pengamanan Pilpres dan Pileg 2019 di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat dengan dipimpin Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono. Foto: MP/Kanugrahan

MerahPutih.com - Kodam Jaya melakukan gelar pasukan pengamanan Pilpres dan Pileg 2019 di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat dengan dipimpin Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono.

Kapendam Jaya Kolonel (Inf) Kristomei Sianturi mengatakan, Kodam Jaya mengerahkan 7.454 personel yang mengikuti gelar pasukan.

Kapendam Jaya Kolonel (Inf) Kristomei Sianturi mengatakan, Kodam Jaya mengerahkan 7.454 personel yang mengikuti gelar pasukan
Kodam Jaya melakukan gelar pasukan pengamanan Pilpres dan Pileg 2019 di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat dengan dipimpin Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono. Foto: MP/Kanugrahan

"Sementara ada 7.668 personel BKO (bantuan). Rinciannya dari TNI AD, Kostrad, Kodiklar, Ditbekangad, Ditziad hingga Dithubad," kata Kristomei kepada Merahputih.com di Jakarta, Senin (15/4).

Kristomei melanjutkan, TNI membantu unsur kepolisian dalam rangka kegiatan pesta demokrasi Pilpres dan Pileg 2019 terhitung mulai hari ini sampai besok saat pencoblosan sampai diumumkan hasil penghitungan suara.

"Dalam pelaksanaan tugas ini diharapkan para Pasukan dapat mempelajari tugas masing-masing. Mengharapkan pada individu pelajari tugas masing-masing karena tugasnya berbeda-beda ada yang di TPS maupun patroli tempat-tempat vital," jelas Kristomei.

Kristomei melanjutkan pihaknya juga memberikan arahan kepada anggota soal teknis pengamanan di TPS. Arahan ddiambil oleh 3 bagian Komandan. Komandan Korem Timur Kolonel Rifki, Komandan Korem Barat Kolonel (Kav) Agustinus Purboyo dan Komandan Kodim Jakarta Pusat Letkol (Inf) Wahyu Yudhayana.

"Kami memberikan penjelasan kepada komandan satuan tentang hal-hal yang diperhatikan dalam pelaksanaan Pilpres dan Pileg 2019," jelas Kristomei.

Selain itu, anggota TNI AD juga diminta tak gampang diprovokasi dan menjunjung tinggi netralitas.

"Selama melaksanakan tugas menjunjung tinggi sintegritas dengan Polri. Pedomani buku Netralitas yang sudah dibekali kepada anggota yang melaksanakan Pengamanan Pilpres dan Pileg 2019. Agar berjalan dengan tertib, aman dan lancar," ungkap Kristomei.

Kodam Jaya melakukan gelar pasukan pengamanan Pilpres dan Pileg 2019 di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat dengan dipimpin Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono
Kodam Jaya melakukan gelar pasukan pengamanan Pilpres dan Pileg 2019 di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat dengan dipimpin Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono. Foto: MP/Kanugrahan

Salah satu yang memberikan arahan kepada anggota soal teknis pengamanan adalah Dandim 0501/JP BS Letkol (Inf) Wahyu Yudhayana.

Ia menekankan kepada anggota TNI untuk selalu bersinergi dalam menjaga keamanan agar warga bisa memilih dengan nyaman dan aman. (Knu)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH