Amankan Akun Media Sosial Kamu dengan Fitur Two-factor Authentication 2FA bisa mengamankan akun kamu. (Foto: Teamie Updates)

TIDAK berbatas pada akun jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram, tahukah kamu, bahwa seluruh akun yang kamu miliki secara online itu sangat rentan untuk diretas?

Merespon masalah tersebut, perusahaan teknologi berlomba-lomba untuk mencari cara bagaimana meningkatkan keamanan akun para pengguna internet. Salah satunya dengan menciptakan metode login dengan keamanan biometrik berdasarkan PIN. Sehingga tidak membutuhkan transfer data via internet yang disebut WebAuthn (Web Authentication).

Karena belum ada keterangan lebih jelas mengenai WebAuthn. Yuk mulai aktifkan fitur 2FA (Two-factor authentication) pada akun-akun jaring sosialmu untuk membuatnya aman.

1. Instagram

Amankan Akun Media Sosial Kamu dengan Fitur Two-factor Authentication
Yuk lihat cara mengaktifkan 2FA di Instagram. (Foto: theferge.com)

Instagram telah menyediakan 2FA pada aplikasi mobile di tahun 2017. Namun saat ini kamu bisa mengaktifkannya lewat web.

Untuk mengaktivasi 2FA pada aplikasi mobile, buka profilmu dan tekan menu yang berlogo tiga garis pada pojok kanan. Kemudian tekan menu Settings. Setelah itu pilih Privacy and Security. Lalu kamu akan menemukan pilihan Two-Factor Authentication.

Kemudian dari situ kamu bisa memilih verifikasi lewat kirim pesan ke nomor ponselmu. Kemudian kamu akan mendapatkan beberapa kode pemulihan yang bisa kamu simpan.

Jika kamu kehilangan ponselmu, atau jika kamu tidak menerima kode yang dikirimkan ke ponselmu. Maka kamu bisa menggunakan salah satu dari 5 kode yang diberikan Instagram ini, yang masing-masing hanya bisa digunakan sekali.

Untuk mengaktifkan via web, log in dan pergi ke halaman profil. Tekan ikon bergambar lambang pengaturan disamping pilihan 'Edit Profile'. Kemudian cari fitur Privacy and Security, kemudian nyalakan 2FA dan pilih metode verifikasi.

2. Facebook

Amankan Akun Media Sosial Kamu dengan Fitur Two-factor Authentication
Yuk aktifkan 2FA di Facebook. (Foto: theverge.com)

Akses untuk mengaktifkan pengaturan 2FA sedikit berbeda di aplikasi dan web. Dari layout Facebook bulan Maret 2019, kamu bisa mengaktifkannya lewat aplikasi mobile iOS dan Android.

Caranya mudah, carilah ikon tiga garis pada pojok kanan atas, dan geser kebawah untuk menemukan Settings & Privacy. Tekan Settings > Security and Login, kemudian kamu akan menemukan opsi 2FA dibawah Setting Up Extra Security.

Pada web, tekan panah disebelah ikon Help pada sisi kanan atas. Lalu kamu akan menemukan pilihan settings yang akan membawa kamu ke laman awal dimana kamu akan menemukan Security and Login pada sisi kiri.

3. Twitter

Amankan Akun Media Sosial Kamu dengan Fitur Two-factor Authentication
2FA juga bisa kamu aktifkan untuk mengamankan akun Twittermu. (Foto: TechCrunch.com)

Untuk mengaktivasi 2FA, kamu bisa menekan profil avatarmu dan mencari menu Settings and privacy. Kemudian pada menu bagian kiri, tekan Account.

Kemudian, cari sub Security lalu tekan Set up login verification dan ikuti petunjuk selanjutnya sesuai yang tertulis. Tunggu kode pesan dari Twitter yang akan dikirimkan ke nomor teleponmu. (shn)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya