Amankah Potong Rambut di Tengah Pandemi? Urungkan niat potong rambut di tengah pandemi (Foto: Pexels/Thgusstavo Santana)

PANDEMI tidak hanya berdampak bagi sejumlah bisnis dan kesehatan saja. Ternyata juga berdampak bagi rambut kita, lho.

Ya, hampir tujuh bulan masa pandemi membuat kamu sedikit takut untuk potong rambut di salon atau barbershop. Alhasil, kamu mungkin jadi punya model rambut panjang baru.

Baca juga:

Robot Solusi Pangkas Rambut di Masa Pandemi

Mungkin bagi kamu yang sudah terbiasa memiliki rambut panjang tidak masalah, tetapi tidak bagi mereka dengan potongan rambut pendek.

Seiring berjalannya waktu, beberapa salon dan barbershop mulai kembali dibuka. Namun, apakah aman untuk kembali ke sana di tengah pandemi ini?

Kamu akan melakukan kontak dekat dengan penata rambut. (Foto: Pexels/Nick Demou)

Menurut dr. Catherine Troisi, PhD, ahli epidemiologi penyakit menular di UT Heatlh, potong rambut di salon mungkin tidak dapat dikategorikan sebagai keperluan mendesak. Intinya, hanya karena kamu bisa melakukan hal tersebut bukan berarti harus dilakukan.

Bahkan, potong rambut sendiri pun dapat dilakukan tanpa perlu bantuan orang lain. Ada banyak tutorial potong rambut sendiri di internet.

Mengutip laman Hellosehat, sebenarnya tantangan terbesar dari potong rambut di tempat saat pandemi bergantung pada bagaimana infeksi virus menyebar. Penyebaran COVID-19 dapat terjadi lewat kontak dekat dengan orang yang terinfeksi, baik melalui cipratan air liur maupun menyentuh permukaan yang terkena percikan.

Baca juga:

Cukur Rambut Ala Artis Dunia Saat Lockdown

Normalnya, pegawai salon atau tukang cukur melakukan pekerjaannya dengan cukup dekat. Terutama ketika mewarnai, memotong, dan menata rambut pelanggan. Artinya, kamu pasti akan melakukan kontak dekat dengan penata rambut. Itu sangat berisiko.

Sementara itu, gejala COVID-19 hampir mirip dengan gejala penyakit lainnya. Bahkan, tidak sedikit orang yang terinfeksi tidak menunjukkan gejala apapun, alias asimptomatik.

Alat di salon atau barbershop bisa saja terpapar virus. (Foto: Pexels/Nick Demou)

Belum lagi kamu bisa menyentuh permukaan atau benda yang terkontaminasi, seperti kursi dan alat salon. Barang-barang tersebut dipakai bersama dan tidak ada yang tahu apakah orang sebelum kamu positif COVID-19 atau tidak.

Memang, benda salon terkontaminasi tersebut dapat disterilkan dari virus menggunakan disinfektan. Tapi apakah terjamin pihak salon atau barbershop sudah melakukannya?

Sebaiknya urungkan dulu niat potong rambut ke salon atau barbershop. Kecuali jika kamu sudah langganan dan percaya dengan tempat tersebut. Setidaknya kamu bisa memastikan mereka melakukan prosedur kesehatan COVID-19. (and)

Baca juga:

5 Tips Potong Poni Sendiri Saat #DiRumahAja, Mau Tahu?



Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH