Kesehatan

Jangan Sering Makan Kudapan Manis Sebelum Tidur

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Senin, 10 Oktober 2022
Jangan Sering Makan Kudapan Manis Sebelum Tidur
Makanan manis terkadang bikin menggoda. (Foto: Unsplash/Rod Long)

JAM-JAM malam memang bikin rawan untuk menyantap makanan manis. Buat yang sedang diet atau mengatur pola makan, 'godaan' makanan manis terkadang datang, terlebih saat sebelum tidur.

Pakar kesehatan mengingatkan menyantap makanan manis berlebihan sebelum tidur memiliki sejumlah dampak buruk bagi tubuh, salah satunya risiko peradangan kronis yang terkait dengan sejumlah kondisi kesehatan seperti penyakit jantung, obesitas, kanker, dan diabetes.

"Gula dapat menyebabkan peradangan pada jaringan yang melapisi mulut dan tenggorokan, menyebabkan pembengkakan dan meningkatkan produksi lendir," kata pakar neurologi dan dokter tidur Brandon R. Peters, MD, FAASM, dilansir ANTARA, Senin (29/8).

Menurut Peters, kondisi ini dapat memengaruhi pernapasan, menyebabkan mendengkur, dan memperburuk sleep apnea. Mayo Clinic mencatat, mendengkur dan gangguan tidur mungkin tampak tidak berbahaya, tetapi harus ditanggapi dengan serius.

Baca juga:

Kudapan Manis Nikmat Berbahan Santan

Amankah Menyantap Makanan Manis Sebelum Tidur?
Menyantap makanan mengandung gula sebelum tidur yakni membuat seseorang tetap terjaga dan menyebabkan hiperaktif. (Foto: Unsplash/Shreyak Singh)

Dampak buruk lain menyantap makanan mengandung gula sebelum tidur yakni membuat seseorang tetap terjaga dan menyebabkan hiperaktif. Peters mengatakan, gula rafinasi meningkatkan kadar gula darah dengan cepat, yang dapat menyebabkan sulit untuk tertidur.

Studi dalam American Journal of Lifestyle Medicine menunjukkan, diet tinggi gula dikaitkan dengan kualitas dan durasi tidur yang buruk. Konsumsi gula sebelum tidur juga dapat memengaruhi berat badan seseorang. Kelebihan gula akan disimpan dalam sel-sel lemak, dan jika konsumsinya berlebihan, maka dapat menyebabkan sel-sel lemak menjadi lebih besar.

Saat seseorang terjaga, tubuh mungkin dapat menggunakan gula untuk energi. Tetapi di malam hari ketika seseorang tidak melakukan aktivitas fisik, terlalu banyak asupan gula bisa menjadi masalah.

Baca juga:

Berbuka Puasa dengan Serba Manis dari Mesir

Amankah Menyantap Makanan Manis Sebelum Tidur?
Dapat menyebabkan sulit untuk tertidur. (Foto: Unsplash/Sander Sammy)


"Ketika kita makan gula sebelum tidur, kita tidak memetabolisme gula dengan benar dan itu menjadi peradangan," kata ahli diet Dana Ellis Hunnes, PhD, RD.

Hunnes menjelaskan bahwa, ketika seseorang tidur, tubuh tidak membakar gula dan cenderung mengarah pada penyimpanan lemak dan penambahan berat badan. Pakar kesehatan menyarankan orang-orang dapat menghindari konsumsi gula menjelang waktu tidur, setidaknya 2-3 jam untuk memungkinkan pencernaan yang tepat.

"Meskipun begitu, camilan manis sesekali di malam hari mungkin bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan," tutup Peters. (and)

Baca juga:

Klappertaart, Kue Manis Peninggalan Belanda yang Jadi Ikon Tanah Minahasa

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan