hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-1
Amankah Mengonsumsi Produk Peningkat Imun Tubuh? Produk peningkan imun tubuh ternyata aman (Foto: Pixabay/Bru-nO)
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-2
hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-7

SEJAK pandemi virus corona baru atau COVID-19 muncul ke Indonesia, banyak masyarakat yang berusaha untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Seperti yang diketahui, virus corona memang mudah menyerang orang-orang dengan sistem imunitas rendah.

Salah satunya dengan mengonsumsi suplemen peningkat sistem kekebalan tubuh. Sayangnya, belakangan produk-produk itu disebut-sebut menyebabkan reaksi sistem imun berlebih. Sehingga sebaiknya tak mengonsumsinya di masa pandemi virus corona baru.

Baca juga:

Jangan Makan Berlebihan Saat Bekerja Di Rumah!

Suplemen peningkat imun, amankah? (Foto: Pixabay/stevepb)
Suplemen peningkat imun, amankah? (Foto: Pixabay/stevepb)

Menanggapi hal itu, Wakil Sekretaris Jenderal Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), Lusy Noviani angkat bicara. Ia mengatakan immunodobulator salah satunya menggunakan echinacea dan itu aman digunakan meski untuk kasus infeksi, salah satunya COVID-19.

"Echinacea aman digunakan dan tidak dikontraindikasikan untuk kasus infeksi salah satunya COVID-19. (Pemberian pada pasien yang menderita infeksi) peran modulasi echinacea lebih ke arah menghambat IL-6, sehingga jumlah sitokon pro-inflamasi dapat dikurangi," kata Lusy dalam keterangan tertulis deperti dilansir Antaranews.com, Kamis (26/3).

Menurutnya produk echinacea yang ada di Indonesia sudah melalui pengujian keamanan, efikasi serta bukti ilmiah yang bisa dipertanggungjawabkan. Produk-produk tersebut juga terdaftar dan mendapat izin dari BPOM sehingga aman dikonsumsi dan bermanfaat bagi tubuh, jika digunakan sesuai aturan pakai.

Baca juga:

Belum Selesai Virus Corona, Kini Muncul Hantavirus

Echinacea berasal dari tumbuhan (Foto: Pixabay/Vacho)
Echinacea berasal dari tumbuhan (Foto: Pixabay/Vacho)

Echinacea sendiri adalah tanaman bunga yang banyak tumbuh di Amerika Serikat dan Kanada. Tanaman tersebut sudah digunakan selama berabad-abad oleh penduduk asli benua Amerika. Selain itu, berdasarkan studi, ekstrak echinacea akan berefek positif pada imun tubuh. Salah satunya meningkatkan jumlah sel darah putih.

Meski demikian, ada pula efek samping penggunaan echinacea. Menurut peneliti, beberapa orang mungkin akan memiliki reaksi alergi seperti ruam, memburuknya gejala asma dan Anafilaksis. Efek samping yang paling umum adalah sakit perut.

Seseorang akan berisiko lebih tinggi mengalami reaksi terhadap echinacea jika punya alergi dengan tumbuh-tumbuhan keluarga daisy, seperti ragweed, krisan dan marigold. (Yni)

Baca juga:

COVID-19, SARS, dan MERS, Apa Bedanya?


hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-3
Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-4
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-5