Amankah Menggunakan Masker Kain? Masker wajah sangat dibutuhkan untuk aktivitas di luar selama pandemi COVID-19. (Foto: Pixabay/15734951)

SEJAK awal pandemi global coronavirus, banyak orang telah diberikan peringatan untuk tidak menggunakan masker kecuali sedang sakit. Masker diperuntukkan untuk orang-orang yang sedang bekerja di bagian medis dan untuk orang yang sakit.

Namun sejak kemarin pemerintah menghimbau agar semua warga Indonesia menggunakan masker bila melakukan kegiatan di luar rumah. Hal yang sama juga diumumkan oleh CDC yang merekomendasikan orang-orang mempertimbangkan untuk memakai penutup wajah berbahan kain.

Baca Juga:

Masker N95 vs Surgical Mask, Mana Lebih Efektif Cegah Penularan Virus Corona?

masker
Masker berbahan kain tidak masalah untuk digunakan. (Foto: Pixabay/Manfredrichter)

Mengingat harga masker yang tinggi dan stok masker diperlukan untuk tenaga medis, Laman CDC menuliskan, masker kain bisa dijadikan alternatif. Apakah masker efektif untuk mencegah penyebaran virus? Manfaat utama pemakaian masker ini adalah untuk melindungi orang lain. Tampaknya banyak orang yang terinfeksi virus, melalui batuk, bersin, dan tetesan pernapasan lainnya, selama 48 jam sebelum mereka mulai merasa sakit.

Itu sebabnya mengenakan masker walau tidak sakit menjadi ide yang lebih baik. Jika kamu batuk atau bersin, masker bisa memberikan perlindungan agar virus tidak mendarat di permukaan orang lain.

Baca Juga:

Pemerintah Baru Wajibkan Masker, Pengamat: Bagus daripada tidak Sama Sekali

masker
Selama pandemi COVID-19 dihimbau untuk memakai masker. (Foto: Pixabay/3dman_eu)

"Jadi itu tidak melindungi dirimu, melainkan melindungi orang-orang disekitarmu. Jika orang-orang disekitarmu melakukan hal yang sama, mereka juga akan melindungimu. Jadi masker yang dikenakan dengan benar berpotensi menguntungkan banyak orang," kata Dr. Daniel Griffin dari Columbia University.

Masker terbaik untuk melawan virus adalah N95. Tetapi masyarakat umum dianjurkan untuk tidak menggunakannya karena stok yang terbatas dan kebutuhan prioritas bagi petugas kesehatan saat ini. Oleh karena itu masker rumahan bisa kamu produksi sendiri dengan bahan-bahan seperti kain. Kelebihannya kamu tidak perlu membeli banyak. Cukup 2 atau 3 buah masker saja, karena bahan dasar yang bisa dicuci membuat kamu lebih irit. (nic)

Baca Juga:

4 Tanaman Herbal Antivirus, Bisa Cegah Corona?


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH