Amankah ke Pantai di Fase New Normal? Ternyata pantai relatif lebih aman dibandingkan ruang publik lain (Foto: Pexels/@Riccardo Bresciani)

PERTENGAHAN tahun umumnya identik dengan liburan pantai. Namun melihat situasi pandemi saat ini, kamu lantas jadi bertanya-tanya apakah sudah aman untuk pergi ke pantai? Apalagi melihat jumlah kasus positif virus Corona yang tidak kunjung menurun.

Tapi ternyata para ahli menyebutkan bahwa pantai justru adalah salah satu tempat yang cukup aman untuk dikunjungi. Namun kamu tetap perlu memperhatikan beberapa hal.

Baca juga:

Perusahaan Ini Siapkan Solusi Liburan di Pantai saat Pandemi COVID-19

Melansir laman Health, Joseph Khabbaza, MD, spesialis pengobatan paru-paru di klinik Cleveland sebutkan bahwa pantai relatif aman selama kamu melakukan semua tindakan pencegahan keamanan yang disarankan. Bahkan pergi ke pantai merupakan pilihan yang lebih baik daripada berkumpul di ruang publik yang tertutup.

"Udara terbuka dan angin sepoi-sepoi justru meminimalisasi kemungkinan partikel pernapasan untuk ditransmisikan dan ruang terbuka di pantai dapat memfasilitasi 'social distancing'," terang Tania Elliott, MD, spesialis penyakit menular di NYU Langone.

Amankah ke Pantai di Fase New Normal?
Pantai yang luas memudahkan penerapan social distancing (Foto: Pexels/@Elena Zhuravleva)

Walaupun aman, bukan berarti kamu bisa bertindak sesuka hati ketika pergi ke pantai. Tetap ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika ingin bermain di sana.

Pertama dan yang terpenting adalah tetap mengikuti aturan social distancing yaitu memberi jarak kurang lebih dua meter dari orang lain. Dr. Khabbaza mengatakan hal ini seharusnya lebih mudah untuk dipraktekkan mengingat ukuran pantai yang luas.

Baca juga:

Sepi Pengunjung Pasca Lockdown, Pantai Filipina Diserbu Ribuan Ubur-Ubur Merah

Kemudian kamu juga tetap harus mengenakan masker. Meskipun pergi bersama lingkaran terdekat seperti keluarga sekalipun, masker tetap harus dibawa dan disiapkan ketika melakukan kontak dengan orang lain di pantai.

Amankah ke Pantai di Fase New Normal?
Bawa perlengkapan sendiri agar lebih aman (Foto: Unplash/@vidarnm)

Tidak lupa untuk mempersiapkan perlengkapan perlindungan diri dari virus COVID-19. Hand sanitizer dan tisu disinfektan harus masuk dalam daftar barang penting yang wajib dibawa ketika pergi ke pantai.

Terakhir, persiapkan barang keperluan yang dibutuhkan. Meminjam atau membeli barang bukan pilihan yang baik. Soalnya kita tidak pernah tahu apakah benda-benda tersebut sudah terkena virus atau belum.

Alangkah lebih baik membawa segala perlengkapan pribadi yang diperlukan, seperti handuk, pelampung, mainan, papan seluncur, pakaian renang, peralatan mandi, dan lainnya.

Kemudian apakah kita diperbolehkan untuk berenang di laut? Tentu saja asalkan tetap menjaga jarak dengan orang lain. Baik Dr. Elliot dan Dr. Khabbaza mengatakan bahwa virus tidak bisa hidup dengan baik di air asin.

Selain itu, sampai saat ini belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa virus bisa tertular lewat media air. Jadi kamu bisa lebih tenang ketika berenang di laut.

Walaupun pantai adalah opsi terbaik untuk berlibur dan bersantai, jangan lupa untuk tetap bijaksana serta tidak lupa diri ketika pergi ke sana ya. (sam)

Baca juga:

5 Pantai 'Pink' Terbaik di Dunia Salah Satunya Ada di Indonesia


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya