Amankah Biji Pepaya Untuk Dikonsumsi? Ini Jawabannya Kenali manfaat dan efek samping dai biji pepaya (Foto: pixabay/3centista)

BUAH pepaya merupakan salah satu buah yang sangat lezat dan kaya akan manfaat. Tak heran jika masyarakat diberbagai belahan dunia menyukai buah yang satu ini.

Umumnya bijinya akan dibuang dan hanya mengambil dagingnya saja. Biji pepaya tak bisa dimakan.

Rupanya biji buah-buahan juga mempunyai nilai gizi guys. Tak terkecuali dengan pepaya. Seperti yang dilansir dari laman boldsky, faktanya biji pepaya bisa dimakan dan mengandung banyak nutrisi.

Kandungan sumber nutrisi yang baik pada biji pepaya antara lain yaitu, fosfor, kalsium, magnesium, serat, protein dan antioksidan. Selain itu Biji pepaya juga tinggi lemak dan mengandung asam lemak tak jenuh tunggal, termasuk asam oleat. Serta biji pepaya juga mengandung zat besi dan mineral.

Berdasarkan penelitian Gudson E. NWOFIA, Philippa. C. Ojimelukwe dan Chinyere di tahun 2012. Komposisi biji pepaya antara lain yaitu nutisi 100g, 2,63% protein, 43,61% karbohidrat, 46,76mg kalsium, 10.40mg magnesium, 241.50mg fosfor, 11.73mg vitamin C, 0,26mg niacin, 0.05mg tiamin, 0.05mg riboflavin dan 65.64 IU beta-karoten.

1. Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan

Pepaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan (Foto: pixabay/nightowl)

Banyak sekali manfaat luar biasa yang bisa kamu dapatkan dari biji pepaya. Antara lain yaitu mencegah kanker, mengurangi radang, mengurangi pertumbuhan bakteri dan patogen, mencegah tubuh dari stres, dan menyembuhkan sirosis hati.

2. Cara mengonsumsi

Perhatikan lebih dahulu cara mengonsumsi biji pepaya (Foto: pixabay/couleur)

Lantas bagaimana cara mengonsumsi biji paya agar aman? Caranya ialah ambil satu sendok teh kecil biji pepaya, yang bisa dikonsumsi setiap hari. Tapi ingatlah, konsultasikan terlebih dahulu pada ahli gizi, apabila kamu mengonsumsi obat-obatan tertentu, karena bisa menggangu fungsinya.

Ada banyak cara untuk memanfaatkan biji pepaya. Metode paling populer untuk mengonsumsi biji pepaya ialah dalam bentuk bubuk. Di mana biji pepaya kering bisa ditumbuk menjadi halus dan digunakan untuk salad.

Selain itu, kamu juga bisa menaburkan bubuk biji pepaya itu ke minuman favoritmu. Atau menambahkannya ke dalam sup, telur atau sereal. Tapi disarankan untuk tak berlebihan mengonsumsinya dari jumlah yang tak disarankan.

Karena jumlah yang aman bisa membuat kamu menikmati manfaat yang luar biasa dari biji pepaya, tanpa khawatir akan banyak efek samping.

3. Efek Samping Jika Makan Biji Pepaya Berlebihan

Mengonsumsi biji pepaya berlebihan bisa timbulkan efek samping (Foto: pixabay/stevepb)

Dibalik manfaatnya, adapula efek samping dari mengonsumsi biji pepaya. Antara lain yaitu bisa menyebabkan iritasi lambung, keguguran, kerusakan pada dinding rahim, mengurangi kesuburan pada pria, menyebabkan alergi, perubahan warna kulit menjadi kuning atau oranye, serta menyebabkan kerusakan DNA.

Nah itu dia guys penjelasan tentang manfaat dan efek samping dari mengonsumsi biji pepaya. Kamu tertarik untuk mencobanya?. (ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Jangan Asal Gunakan Buah untuk Infused Water, Ini Alasannya

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala