Amalkan Pancasila, Pada Hari Kemerdekaan TNI Bakal Gelar Doa Bersama Jenderal Gatot Nurmantyo memberikan kuliah umum di kampus Universitas Kristen Indonesia (UKI) (Foto: Puspen TNI)

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakanbahwa pihaknya akan menggelar doa bersama dengan seluruh elemen masyarakat pada peringatan Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus mendatang.

Menurutnya, hal tersebut sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang menyatakan bahwa Pancasila harus dikongkritkan dan di aplikasikan dalam kehidupan sehari-sehari. Dan juga berdasarkan saran dari para ulama.

"Atas saran para ulama semuanya bersama-sama pada tanggal 17 Agustus, pukul 17.00 sampai 18.00 kita akan laksanankan doa bersama di markas TNI dengan seluruh lapisan masyarakat," kata Gatot di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (19/6).

Gatot menjelaskan, kegiatan doa bersama merupakan bentuk implementasi dari sila pertama Pancasila, yaitu Ketuhanan yang Maha Esa.

"Mengimplementasikan sila pertama Pancasila pada awal proklamasi kemerdekaan dari 17 sampai 18, dari yang umat Islam Hafiz, yang hafal Alquran nanti setiap kabupaten akan berkumpul di Mabes TNI ini," jelasnya.

"Dengan demikian, mudah-mudahan Indonesia penuh dengan kasih sayang. Karena semua agama mengajarkan kasih sayang," tambah Gatot.

Gatot juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Presiden Jokowi karena telah menetapkan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 1945. Sehingga, generasi muda mengetahui dan memiliki pedoman mengenai momen tersebut.

"Generasi muda telah mempunyai pedoman bahwa pada tanggal 1 Juni kemarin, bapak telah menetapkan sebagai hari lahir Pancasila sehingga generasi muda tidak bertanya-tanya kapan, sih lahirnya Pancasila, sudah ada ketetapan yang jelas tanggal 1 Juni," pungkasnya. (Pon)

Baca berita terkait Panglima TNI lainnya di: Di Depan Presiden, Panglima TNI: Jangan Pernah Ragukan Kami



Noer Ardiansjah

YOU MAY ALSO LIKE