Alternatif Pesawat, Jelajahi Kota-Kota Indah Eropa dengan Kereta Malam Mengunjungi kota-kota indah Eropa dengan kereta malam (Foto: Pixabay/ArtTower)

INGIN menjelajah kota-kota indah yang ada di Eropa? Daripada naik pesawat yang cenderung mahal, cobain deh naik kereta malam sebagai alternatif. Dijamin seru dan bisa merasakan pengalaman baru yang tak terlupakan. Sensasinya seperti mengalami lagi romantisnya perjalanan zaman dulu. Menggunakan kereta malam berarti kamu bisa menghemat akomodasi hotel. Dulu, kereta malam dipakai mengangkut para pelancong, keluarga, dan pebisnis melintasi benua.

Kebanyakan layanan menawarkan kompartemen tidur dengan ruang untuk dua atau empat penumpang, bangsal untuk enam orang dan akomodasi tempat duduk. Layanan tersebut dapat dipesan antara satu sampai empat bulan sebelumnya, tergantung tujuan. Panduan proses pemesanan bisa lewat Seat61, Rail Europe dan operator kereta api nasional. Berikut adalah beberapa rekomendasi kereta malam Eropa yang bisa kamu coba.

Baca juga:

Perjalanan Kereta Malam Terbaik yang Layak Dicoba di 2020

Malmo ke Berlin

Alternatif Pesawat, Jelajahi Kota-Kota Indah Eropa dengan Kereta Malam
Berlin Night Express masuk feri untuk menyeberang. (Foto: snalltaget)

Berlin Night Express dikelola secara pribadi ini tidak hanya melintasi Swedia dan Jerman di saat kamu tertidur, tetapi juga menuju ke sebuah feri melewati Laut Baltik antara Trelleborg dan Sassnitz.

Selama perjalanan ada momen yang mengharuskan kereta berhenti beberapa lama untuk mencocokan jadwal dengan feri. Namun hal ini tidak mengurangi pesona dari kereta musim panas yang hanya beroperasi tiga kali seminggu.

Perjalanan kereta api di Swedia mengalami kemajuan pesat berkat gerakan "malu penerbangan". Gerakan ini diperjuangkan oleh aktivis iklim, Greta Thunberg. Dengan latar belakang inilah pemerintah Swedia mengumumkan rencana untuk meluncurkan lebih banyak kereta malam. Frekuensi perjalanan tiga kali seminggu (Juni – Agustus). Perkiraan durasi perjalanan 14 jam.

London ke Fort William

Alternatif Pesawat, Jelajahi Kota-Kota Indah Eropa dengan Kereta Malam
Warga Inggris lebih tertarik naik Caledonian Sleeper. (Foto: heraldscotland)

Inggris Raya hanya memiliki dua kereta tidur. Keduanya belum lama ini melakukan proses peremajaan. Night Riviera membentang di barat daya dari Stasiun Paddington London dan terus sampai Penzance di Cornwall.

Namun, perhatian warga Inggris jatuh pada Caledonian Sleeper. Kereta legendaris ini berangkat dari Stasiun Euston setiap malam menuju Glasgow, Edinburgh, Inverness, Aberdeen, dan beberapa titik dekat Fort William.

Layanan Fort William adalah yang paling spektakuler. Menghabiskan malam di atas rel dan melintasi pemandangan Highland yang indah di pagi hari. Dilanjutkan dengan pemandangan dari puncak tertinggi Ben Nevis. Dengan jadwal perjalanan enam kali seminggu kecuali Sabtu. Lama perjalanan ditempuh sekitar 13.5 jam.

Moskow ke St. Petersburg

Alternatif Pesawat, Jelajahi Kota-Kota Indah Eropa dengan Kereta Malam
Red Arrow kental dengan interior gaya klasik kuno. (Foto: russiantrains)

Salah satu kereta mewah yang melewati rute ini adalah Red Arrow. Menawarkan sejarah berumur hampir seabad, tempat tidur bertema yang nyaman. Ini adalah cara terbaik untuk menyusuri kota-kota di Rusia. Kereta ini menjadi pilihan para politisi, pejabat tinggi, dan pelancong.

Berangkat dari St. Petersburg tepat sebelum tengah malam, terdengar nyanyian dari Reinhold Glière tentang Hymn to the Great City. Mereka yang berada di dalam kereta bersiap untuk perjalanan penuh kenyamanan sepanjang malam. Para penumpang dapat tidur dengan merasakan kemegahan. Perjalanan tersedia setiap hari dengan total ditempuh delapan setengah jam.

Baca juga:

Bijak, Kunci Melancong Sesuai Bujet Bareng Teman

Sofia ke Istanbul

Alternatif Pesawat, Jelajahi Kota-Kota Indah Eropa dengan Kereta Malam
Sofia Istanbul Express. (Foto: europost)

Layanan yang populer adalah perjalanan malam hari menghubungkan Yunani ke Turki. Sayangnya jarak perjalanan ini telah dipangkas. Namun kamu masih dapat mencapai Istanbul dengan kereta api dari Sofia. Ibukota Bulgaria terkenal dengan banyaknya bar dan restoran apik yang berdiri di bawah bayang-bayang gereja kuno, kubah bawang.

Kompartemen kereta nyaman dan bersih dan gemerlap lampu-lampu kota Sofia saat kamu menuju ke pedesaan Bulgaria. Satu-satunya kekurangan dari perjalanan ini adalah kamu harus turun di perbatasan Turki pagi-pagi untuk mendapatkan visa. Kamu juga dianjurkan membeli minuman dan makanan ringan untuk menempuh 25 km terakhir rute ke Istanbul.

Bus atau taksi bisa menjadi pilihan saat kereta berakhir di terminal Halkali. Walau sedikit merasakan ketidaknyamanan, rute ini adalah cara yang tepat untuk memasuki Istanbul, kota paling ikonik di dunia. Frekuensi perjalanan tesedia tiap hari dengan durasi 12 jam (termasuk transfer bis).

Innsbruck ke Cologne

Alternatif Pesawat, Jelajahi Kota-Kota Indah Eropa dengan Kereta Malam
Nightjet Train menawarkan kompartemen double decker. (Foto: bahnkarten)

Ada banyak alasan untuk mencoba perjalanan luar biasa dari sleeper Nightjet. Pertama, lokasi Innsbruck yang indah di Pegunungan Alpen Tyrolean. Adalah tempat yang menyenangkan untuk mencoba jalur hiking di musim panas dan jalur ski di musim dingin. Yang kedua, layanan Nightjet menawarkan kompartemen double-decker yang unik, dengan tempat tidur mewah di lantai atas.

Ketiga, jika kamu bisa bangun lebih cepat, kamu akan sadar kereta ini berjalan di sepanjang Rhine Valley Line yang indah. Melewati kastil yang sudah tua dan kebun-kebun anggur yang luas dalam perjalanan ke utara menuju Cologne.

Katedral Cologne, tepat di sebelah stasiun kereta api. Adalah salah satu ikon besar Eropa dengan menara kembarnya. Waktu tempuh kira-kira sebelas setengah jam. Perjalanan ini tersedia setiap hari.

Madrid ke Lisbon

Alternatif Pesawat, Jelajahi Kota-Kota Indah Eropa dengan Kereta Malam
Terdapat bar & kafe yang bisa dinikmati semua kelas. (Foto: tripadvisor)

Trenhotel Lusitania meluncur antara Madrid dan Lisbon (begitu pun sebaliknya) setiap malam. Didominasi penumpang antara dua tetangga Iberia dengan gaya Eropa yang santai. Tediri dari beberapa kompartemen yang menyenangkan. Di antaranya menawarkan kamar mandi lengkap dan mewah. Bar kafe yang dapat dinikmati oleh semua kelas.

Mencoba vinho verde (anggur hijau Portugis) dan bersosialisasi dengan sesama penumpang sampai larut malam. Keesokan harinya tiba kembali di stasiun Santa Apolonia yang bersejarah di Lisbon. Perjalanan tersedia setiap hari dengan durasi sepuluh jam. (lgi)

Baca juga:

Libur Akhir Tahun Hemat dan Nyaman dengan 5 Tips Ini



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH