Alternatif Permen, Memang Ada? Olahan buah bisa dijadikan alternatif permen. (Foto: Pixabay/Daria-Yakovleva)

SIAPA yang tidak suka permen? Camilan mendunia yang selalu ada setiap saat. Permen memiliki banyak varian rasa. Rasa paling populer asam atau manis. Hayo ngaku! Biasanya kamu makan permen kalau sudah mulai ngantuk atau lapar nanggung kan?

Permen memang berfungsi untuk menahan rasa lapar. Permen mampu meningkatkan kadar gula darah dalam waktu cepat meskipun hanya bertahan sementara.

Baca Juga:

Rahasia Dibalik Manis dan Kenyalnya Permen Karet

Dilansir healthline.com, permen mengandung gula tinggi sehingga tidak baik jika dikonsumsi terus menerus. Meskipun begitu, permen tetap dibutuhkan untuk menyeimbangkan pola dietmu. Ternyata ada banyak alternatif permen yang jauh lebih sehat. Penasaran apa saja? Yuk intip ulasan berikut ini.


1. Buah kering

Trivia 1 _ Buah kering rasanya tidak jauh beda dari permen biasa (Foto_ Pixabay_sweetlouise)
Buah kering rasanya tidak jauh beda dari permen biasa. (Foto: Pixabay/sweetlouise)

Banyak permen yang memiliki varian rasa buah-buahan. Tetapi, ekstrak buah yang biasa digunakan dalam pembuatan permen ternyata tidak semuanya baik untuk tubuh. Kamu bisa menggunakan buah asli untuk membuat permen. Caranya keringkan buah-buahan yang kamu mau dengan cara dijemur. Taburi gula sedikit sebelum dijemur agar memberikan rasa manis sedikit.


2. Keripik buah

Trivia 2 _ Keripik buah tetap tergolong alternatif permen (Foto_ Pixabay_ulleo)
Keripik buah tetap tergolong alternatif permen. (Foto: Pixabay/ulleo)

Masih asing dengan keripik buah? Jangan khawatir, rasanya tak kalah enak dengan yang biasa kamu konsumsi. Meskipun disebut sebagai keripik, ternyata keripik buah tetap masuk dalam kategori alternatif permen. Buah yang populer untuk dijadikan keripik adalah pisang, apel, dan nangka.

Baca Juga:

Mengunyah Permen Karet Bisa Jadi Alternatif Diet


3. Manisan kulit jeruk

Trivia 3 _ Manisan kulit jeruk sangat populer di Indonesia (Foto_ Pinterest_s3.amazonaws.com)
Manisan kulit jeruk sangat populer di Indonesia. (Foto: Pinterest_s3.amazonaws.com)

Kalau yang ini sih cukup populer di Indonesia. Masyarakat kita suka ngemil manisan kulit jeruk. Cara membuatnya sangat mudah. Rebus terlebih dahulu kulit jeruk agar pahitnya hilang. Kemudian goreng kulit jeruk dengan taburan gula hingga kering tanpa minyak. Tambahkan gula sesuai selera.


4. Bola energi

Trivia 4 _ Selain dijadikan sebagai alternatif permen, bola energi bisa menjadi camilan sehat mengenyangkan (Foto_ Pixabay_silviarita)
Selain dijadikan sebagai alternatif permen, bola energi bisa menjadi camilan sehat mengenyangkan. (Foto: Pixabay_silviarita)

Bola energi rasanya manis dan mengenyangkan. Jika kamu sedang dalam program diet, kudapan ini cocok dijadikan sebagai camilanmu. Biasanya bola energi terbuat dari oats, selai kacang, asam jawa, atau gula merah yang dilumuri dengan parutan kelapa. Kamu juga bisa melumuri dengan potongan kacang almond atau kayu manis. Wah boleh banget dicoba! (Mar)

Baca Juga:

Rahasia Dibalik Manis dan Kenyalnya Permen Karet


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH