Otomotif

Alpine Rilis A110 R Edisi Fernando Alonso

Andrew FrancoisAndrew Francois - Jumat, 07 Oktober 2022
Alpine Rilis A110 R Edisi Fernando Alonso
Alpine rilis mobil sport edisi spesial Fernando Alonso. (Foto: Alpine)

MENJELANG debut A110 R awal pekan ini, Alpine memiliki kejutan untuk penggemar Formula 1 yang berkantong tebal. Adalah edisi spesial Fernando Alonso untuk mobil itu, dirilis dalam jumlah terbatas dengan label harga selangit mencapai EUR 148 ribu (Rp 2,2 miliar) di Prancis.

Harga itu terbilang cukup tinggi, mengingat varian R reguler dari mobil itu dijual dengan harga hanya EUR 105 ribu (Rp 1,5 miliar). Harga itu secara otomatis membuat A110 R menjadi mobil paling mahal yang pernah dijual oleh divisi performa Renault.

Hanya 32 unit yang akan dibuat, dan ada alasan yang sangat bagus untuk itu. Pembalap veteran itu menang dalam 32 balapan selama karier F1-nya yang cemerlang, dimulai sejak 2001 di Grand Prix Australia bersama Minardi.

Seperti yang mungkin sudah santer diberitakan, pembalap Alpine itu telah menandatangani kontrak multi-tahun dengan Aston Martin untuk menggantikan Sebastian Vettel. Fernando Alonso Díaz yang berusia 41 tahun telah menegaskan bahwa dia tidak berencana untuk pensiun dalam waktu dekat.

Baca juga:

Alpine Sport A110 South Beach Colorway Ramaikan Grand Prix F1 Miami

Alpine A110 R edisi spesial Fernando Alonso hanya tersedia dalam 32 unit. (Foto: Alpine)

Namun, apa yang istimewa dari mobil itu untuk menjamin tambahan sekitar Rp 700 juta untuk sebuah A110 R akan sepadan?

Mobil itu datang secara eksklusif dalam warna biru matte untuk mencerminkan mobil Alpine F1 dan memakai tanda tangan Alonso di kaca bagian belakang. Bendera Prancis diganti dengan skema biru-kuning-oranye ala Alonso, dengan tambahan aksen oranye pada kaliper rem dan di dalam kabin.

Interior mobil sport itu juga mendapat bordir tanda tangan pengemudi di sandaran kepala. Mungkin perubahan terbesar adalah untuk kap serat karbon karena telah dicat dengan warna biru matte.

Ada juga plakat bernomor individual untuk menunjukkan eksklusivitas edisi khusus, sementara pelindung matahari membawa moto Alonso: "Ada lebih dari satu jalan menuju puncak gunung." Helm replika yang ditandatangani juga akan disertakan dalam paket pembelian kendaraan.

Baca juga:

Davide Brivio ke tim F1 Alpine, Suzuki Merana

Pembeli akan mendapatkan helm replika Fernando Alonso. (Foto: Alpine)

A110 R Fernando Alonso itu mempertahankan mesin bensin 1.80 cc turbo dengan tenaga mencapai 300 dk dan torsi 340 Nm. Khusus untuk melibas trek, ada pengaturan ketinggian pengendaraan yang bisa diturunkan 10 milimeter (0,4 inci).

Mobil itu juga akan mendapatkan pelek dengan bahan serat karbon berukuran 18 inci, ditambah rem Brembo 320 mm dan semua barang sarat performa lainnya. Performanya mungkin tidak akan terasa begitu berbeda dari varian Alpine A110 R yang biasa, namun varian itu mungkin akan menjadi barang koleksi suatu hari nanti.

Sebagai catatan terakhir, perlu disebutkan ini bukan mobil sport pertama ditandatangani oleh Fernando Alonso karena ada juga Ferrari 599 GTB sekitar satu dekade lalu, yang dibuat oleh Maranello untuk merayakan 60 tahun kemenangan F1. (waf)

Baca juga:

Resmi, Davide Brivio Jadi Direktur Tim F1 Alpine

#Teknologi #Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan