Alis Tampak Indah, Awas Dampaknya! Threading alis mempercantik wajah, namun ada efeknya juga. (Foto: Pexels/Yogendra Singh)

PEREMPUAN dimana pun ingin tampil cantik. Apapun dilakukan perempuan untuk menunjukan sisi terbaik dirinya. Salah satunya adalah threading alis. Alis milik seseorang akan mendapatkan treatment tertentu untuk memperindahnya.

Adakah efek sampingnya? Pasti ada loh! Bagaimana tidak bulu-bulu alis dicabuti, pastinya sakit. Ada berbagai dampak lainnya pada area seputaran alis. Beauty is killing.

Baca Juga:

Memperbaiki Rambut Akibat Zat Pemutih, Mudah Kok!

1. Nyeri

alis
Ada rasa nyeri selama dan setelah prosedur. (Foto: Pexels/fotografierende)

Nyeri biasanya dirasakan pada kulit di alis. Ini terjadi karena rangsangan menarik rambut secara konstan di area kecil. Intensitas rasa sakit tergantung pada kemampuan seseorang untuk mengatasi rasa sakit. Biasanya tidak berlangsung lama. Oleskan krim dingin ke kulit di alis setelah prosedur selesai untuk menenangkan dan mendinginkan area yang teriritasi.


2. Mata berair

alis
Prosedur yang dijalankan otomatis membuat mata berair tanpa dapat dikontrol. (Foto: Pexels/Min An)


Threading alis menyebabkan mata berair selama dan setelah prosedur dijalankan. Karena alis yang dianggap mengganggu kecantikan akan dicabuti. Ini yang kemudian menyebabkan mata berair di bawah tekanan dari rasa sakit. Kamu tidak akan bisa mengontrol keluarnya air mata ini.


3. Kemerahan

alis
Area pada alis akan menjadi kemerahan. (Foto: Pexels/Pixabay)

Area yang bulu-bulunya dicabuti akan menjadi kemerahan. Ini terjadi ketika rambut ditarik dari kulit kemudian terjadi reaksi alami tubuh memperbaiki kerusakan. Area itu akan mengalami peningkatan aliran darah, membantu alis pulih lebih cepat dari penarikan. Area akan menjadi merah di mana saja mulai dari beberapa menit hingga beberapa jam. Oleskan krim dingin dapat membantu menghilangkan kemerahan.


Baca Juga:

Lulur Tangkal Penuaan Dini pada Kulit


4. Pembengkakan

alis
Hati-hati adanya pembengkakan di kulit alis. (Foto: alis-Pexels-Public Domain Pictures)

Wajar saja bila kemudian terjadi pembengkakan. Ketika darah mengalir ke daerah yang rusak untuk mencoba memperbaiki jaringan, kelebihan darah menyebabkan daerah alis akan membengkak dan menjadi merah. Sel darah putih kemudian mulai menjalankan tugas memerangi penyakit dan benda asing di dalam tubuh.

Aliran darah meningkat ke area yang mendapatkan treatment itu dan sel darah putih memperbaiki folikel yang rusak selama threading. Seperti kemerahan, pembengkakan dapat bertahan selama beberapa menit hingga berjam-jam.

Cara menanggulanginya bisa dengan berikan kompres dingin untuk mengurangi pembengkakan lebih cepat. Jika terjadi pembengkakan selama berhari-hari disertai dengan titik-titik putih kecil, kunjungi dokter segera.

5. Rambut yang tumbuh ke dalam

alis
Bisa jadi nantinya bulu-bulu itu akan tumbuh ke dalam. (Foto: Pexels/Engin Akyurt)


Tumbuh ke samping atau keriting di bawah kulit setelah dicabut atau dicukur, cenderung lebih sering terjadi seperti di alis dan kaki. Kecil kemungkinan akan terjadi ketika menarik rambut dekat dengan pangkal kulit. Jika rambut patah dengan folikel masih di kulit, daripada menghilangkan seluruh bagian rambut, rambut bisa menjadi tumbuh ke dalam. (iel)


Baca Juga:

Bahan-bahan Sekitar Kita yang Terbukti Ampuh Hilangkan Bekas Luka Menghitam


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH