Kesehatan
Alergi Pergi, Produktivitas Meninggi Alergi bisa dialami siapa saja. (foto: pexels.com_cottonbro)

ALERGI bukan kondisi nan bisa dianggap sepele. Secara global, 30-40 persen populasi dunia memiliki alergi. Di Amerika Serikat saja, alergi bisa memaksa pekerja absen dari aktivitas mereka. Hal itu bisa menurunkan produktivitas hingga 25-30 persen. Di Indonesia, meski belum ada data nan adekuat, angka prevalensi alergi berkisar 20-64 persen.

Kondisi alergi terjadi saat terjadi suatu perubahan reaksi atau respons pertahanan tubuh yang menolak dan tidak tahan terhadap zat-zat yang sebenarnya tidak berbahaya. Namun, bagi orang yang punya alergi, zat tersebut bisa amat sensitif. Zat yang menimbulkan reaksi alergi disebut alergen. “Alergen bisa berupa tungau debu rumah. Itu yang paling banyak di Indonesia. Sedangkan di luar negeri, banyak polen serbuk sari terhirup,” ujar dokter spesialis penyakit dalam konsultan alergi imunologi klinik Prof Dr dr Iris Rengganis, SsPD, K-AI dalam virtual zoom Alergi Reda Lebih Cepat, Tetap Produktif Tanpa Khawatir yang digelar Bayer, Kamis (6/10).

BACA JUGA:

Jangan Anggap Enteng si Kecil Tungau

Selain itu, Iris juga menjelaskan bahwa alergi bisa timbul karena perubahan reaksi tubuh yang menjadi rentan terhadap suatu bahan yang ada dalam lingkungan hidup sehari-hari. Ia menyebut ada beberapa cara alergen masuk ke tubuh. Alergen bisa masuk lewat saluran napas (ihalan) seperti tungau debu rumah, kecoa, dan polen. Injektan (suntikan) seperti analgesik dan antibiotik. Ingestan (saluran cerna) seperti mengonsumsi udang/ikan laut, susu, telur, kacang tanah, stroberi, dan obat oral. "Alergen juga bisa masuk dengan cara kontaktan (kontak dengan kulit) seperti kosmetik dan logam (perhiasan, arloji),” ujarnya.

alergi
Ada beberapa hal, termasuk makanan, yang bisa menyebkan alergi. (foto: pexels.com_dana tentis)

Faktor stres juga amat memengaruhi segala macam penyakit termasuk alergi. Menurut Iris, pada alergi, stres berdampak sangat nyata. Oleh karena itu, ia menyarankan kamu yang punya kondisi alergi untuk mengelola stres.

"Jadi kalau stres, bagi yang gatal-gatal, itu cepat banget keluar. Biduran menambah. Manajemen stres itu penting. Kalau stres terus, urtikaria akan muncul terus," ujar Iris.

Respons pada alergi bisa berbeda-beda, tergantung dari sumber alergen dan bagaimana cara alergen itu masuk ke tubuh.Reaksi alergi yang umum dijumpai, tambahnya, bisa berupa alergi kulit seperti urtikaria atau biduran dan alergi pernapasan berupa rinitis alergi.

BACA JUGA:

Intoleransi Laktosa dan Alergi Susu Itu Berbeda

Di Indonesia, angka kejadian alergi berkisar 20-64 persen. Laporan Omnibus survey yang dilakukan Nielson pada tahun 2005 mencatat gejala alergi yang umum dijumpai berupa alergi kulit dan rinitis alergi yang mencapai 24 persen.

Kejadian dermatitis atopi di Indonesia di angka 23,67 persen. Urtikaria dan rinitis alergi merupakan penyakit atopik yang paling sering muncul, dengan riwayat keluarga atopik positif sebesar 60,79 persen, seperti diungkap makalah dalam Asia Pacific Association of Allergy, Asthma, and Clinical Immunology pada 2019.

alergi
Alergi bisa lebih cepat reda tanpa menimbulkan rasa khawatir_. (foto: Tangkapan layar/Yosa Eka Damayanti)

Meski alergi bisa terjadi kapan saja, kamu tak usah khawatir. Kamu tetap bisa beraktivitas lebih cepat tanpa adanya rasa khawatir. Saat tubuh terpapar alergen dan alergi mulai muncul, kamu bisa menggunakan produk Incidal-OD untuk meredakan reaksi alergi dengan cepat. Obat ini bisa bekerja dalam 20-40 menit saja. Selain itu, kamu juga hanya perlu mengonsumsinya sekali dalam sehari.

Bayer, selaku produsen obat ini, menetapkan komitmen mereka untuk terus menyediakan akses yang luas terhadap penyediaan obat alergi. Sebelumnya, Incidal-OD diketahui sebagai obat red dot. Namun, obat ini sekarang berubah menjadi blue dot atau obat bebas terbatas. Dengan begitu, mereka yang membutuhkan obat alergi akan dimudahkan untuk mendapatkan obat ini. Kamu bahkan bisa mendapatkan obat ini di e-commerce dan apotek terdekat.(yos)

BACA JUGA:

Alergi Langka yang Tidak Pernah Kamu Temukan

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Jenama Lokal Merdesa di M Bloc
Fun
Jenama Lokal Merdesa di M Bloc

Keberadaan jenama lokal di M Bloc membuktikan bahwa jenama lokal sudah berkembang cukup pesat.

Raih Gelar Kampiun, Kalle Rovanpera Jadi Juara Dunia Reli Termuda
Fun
Raih Gelar Kampiun, Kalle Rovanpera Jadi Juara Dunia Reli Termuda

Raih gelar juara dunia reli pada usia 22 tahun dan satu hari.

Single Terbaru Shawn Mendes Ungkap Patah Hatinya
ShowBiz
Single Terbaru Shawn Mendes Ungkap Patah Hatinya

Single anyar yang penuh dengan atmosfir galau.

Prioritas Keinginan Konsumen Sebagai Tren Kekinian
Fun
Prioritas Keinginan Konsumen Sebagai Tren Kekinian

Jadikan pelanggan merasa seperti tuan dengan mengutamakan keinginan mereka.

5 Tips Networking Buat Si Introvert Mendamaikan Diri
Hiburan & Gaya Hidup
5 Tips Networking Buat Si Introvert Mendamaikan Diri

Orang dengan kepribadian introvert kerap kesulitan untuk berkenalan dan beradaptasi dengan orang baru. Padahal membangun relasi itu penting dan banyak manfaatnya. Maka berikut adalah sejumlah tips sederhana yang bisa dilakukan.

Kanye West Tengah Menggarap 'DONDA 2'
ShowBiz
Kanye West Tengah Menggarap 'DONDA 2'

Kabarnya DONDA 2akan menjadi sekuel untuk album sebelumnya.

Beragam Manfaat Bunga Telang
Kuliner
Beragam Manfaat Bunga Telang

Telah lama digunakan sebagai obat herbal.

Intip Ekspansi hingga Fitur Amiibo di Xenoblade Chronicles 3
Fun
Intip Ekspansi hingga Fitur Amiibo di Xenoblade Chronicles 3

Dipresentasikan lebih lanjut dan detail untuk perayaan perilisannya di 29 Juli ini.

Penyintas Hipertensi, Hindari Makanan Ini Saat Puasa
Fun
Penyintas Hipertensi, Hindari Makanan Ini Saat Puasa

saat berpuasa, para penyintas darah tinggi atau hipertensi tidak boleh sembarangan dalam mengonsumsi makanan

72 Tahun yang Lalu Universitas Indonesia Memulai Perkuliahannya
Fun
72 Tahun yang Lalu Universitas Indonesia Memulai Perkuliahannya

Tanggal ini pun dijadikan hari kelahiran Universitas Indonesia.