Alergi Langka yang Tidak Pernah Kamu Temukan Hanya karena bersentuhan dengan orang lain akan memicu alergi. (Foto: Pixabay/Takmeomeo)

ALERGI sudah jamak ditemukan dalam pergaulan. Ada saja pemicunya seperti makanan, hewan, debu, atau lainnya. Tetapi apakah kamu pernah menemukan beberapa alergi yang tak wajar, atau alergi yang benar-benar aneh. Inilah beberapa alergi yang paling langka yang mungkin kamu tidak pernah temukan, tetapi ternyata ada loh, seperti yang dilansir dari laman health.


Alergi olahraga

olahraga
Ketika pengidap alergi ini berolahraga akan langsung pusing dan sesak nafas. (Foto: Pexels/Micah Boerma)

Disaat orang berolahraga untuk mencapai kebugaran dan kesehatan. Namun pengidap alergi ini justru sebaliknya. Anaphylaxis adalah alergi yang menyebabkan pusing, sesak nafas, bahkan bisa pingsan akibat olahraga walau hanya olahraga ringan sekalipun. Biasanya orang yang mengidap alergi ini diobati dengan berolahraga bersama pasangannya, atau menggunakan suntik adrenalin jika darurat.


Alergi uang

uang
Uang logam bisa membuat seseorang alergi. (Foto: Pixabay/Bru-nO)

Aneh saja! Ada orang yang alergi terhadap uang logam. Sebenarnya alergi ini terjadi karena pemicunya senyawa nikel sulfat yang terdapat pada uang logam. Bukan hanya uang receh saja tapi juga terhadap benda-benda lainnya seperti perhiasan, jepitan rambut, korek gas atau gagang pintu. Alergi ini bisa dicegah dengan menggunakan sarung tangan atau hanya membawa uang kertas di dompet atau sakunya.


Alergi sentuhan manusia

sentuhan
Bersentuhan dengan orang lain dapat membuat pengidapnya bengkak. (Foto: Pixabay/Free-Photos)


Kalau kamu pernah menonton drama Korea I'm Not a Robot yang berkisah tentang pria yang memiliki alergi kontak fisik dengan manusia. Ternyata beneran ada lho! Dermatographic Urticaria adalah kelainan kulit yang menyebabkan kulit akan menjadi bengkak ketika bersentuhan dengan orang lain. Walau tidak ada obatnya, tetapi alergi ini bisa diminimalisirkan dengan antihistamine yang mengurangi bengkak di kulit.


Alergi air

air
Air dapat membuat pengidap alergi ini gatal-gatal. (Foto: Pexels/Oliver Sjöström)

Bagaimana jadinya bila alergi pada kehidupan dasar manusia, air. Aquagenic Urticaria adalah alergi yang menyebabkan gatal-gatal yang disebabkan kontak fisik dengan air. Biasanya alergi ini membuat sel dalam tubuhnya melepaskan histamine yang menyebabkan orang yang memiliki alergi ini menjadi gatal-gatal. Alergi ini dapat diredakan dengan lotion atau krim anti-priuritik.


Alergi sinar matahari

sinar matahari
Pengidap alergi ini akan merasa mual dan pusing. (Foto: Pexels/Pixabay)

Seperti vampir atau drakula yang tidak bisa terkena matahari, maka pengidap alergi juga menjauhkan diri dari sinar matahari. Solar Urticaria ini adalah alergi yang menyebabkan gatal-gatal, mual, dan pusing ketika berkontak fisik dengan matahari. Biasanya pengidap akan muncul alerginya ketika suhu lebih dari 48 derajat celsius (dnz)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH