Grammy 2022
Album yang akan Masuk dan Terlempar dari Nominasi Grammy 2022 Penghargaan Grammy tahun 2022 akan menjadi yang pertama tanpa komite nominasi. (Foto: Twitter/@RecordingAcad)

PENGHARGAAN Grammy 2022 akan menjadi yang pertama tanpa komite nominasi, menyusul kritik dari Weeknd tahun lalu ketika ia gagal mendapat pengakuan untuk salah satu lagunya. Komite yang dikenal karena anonimitas mereka, dituduh melakukan transaksi orang dalam dan korupsi.

Nominasi biasanya diambil dari 20 finalis yang dipilih oleh anggota Recording Academy. Rata-rata hanya komite memilih delapan nominasi di mayoritas kategori Grammy, termasuk empat besar. Sekarang, anggota Akademi hanya akan memilih delapan entri teratas untuk masuk nominasi.

"Tanpa komite nominasi, beberapa genre akan otomatis menjatuhkan nominasi pada kategori teratas dan penghargaan akan berubah menjadi kontes popularitas, lebih dari sebelumnya," demikian pendapat Music News Writer Justin Curto dari Vulture dalam artikel prediksi nominasi Grammy 2022.

Baca juga:

Kategori Khusus K-Pop Belum Direncanakan Grammy Awards

Album yang akan Masuk dan Terlempar dari Nominasi Grammy 2022
Album baru Adele '30' dan Ed Sheeran '=' harus menunggu tahun depan untuk masuk nominasi. (Foto: insider)

Namun, ada beberapa pembenahan. Grammy 2022 benar-benar akan mengakui rentang 13 bulan, dari 1 September 2020, hingga 30 September 2021, dalam upaya untuk menggeser jeda waktu kelayakan untuk acara penghargaan mendatang.

Dengan peraturan tersebut, album baru Adele, 30 harus menunggu tahun depan. Demikian juga dengan album = Ed Sheeran, dan Blue Banisters dari Lana Del Rey.

Drake masih memiliki hubungan buruk dengan Grammy menyusuk kritik kemenangan kategori rap untuk Hotline Bling, tidak mengirimkan lagu playlist dari album More Life. Namun, Drake memasukkan Certified Lover Boy untuk Album of the Year (AOTY), tetapi tidak mengirimkan lagu untuk masuk Record atau Song of the Year.

Prediksi Nominasi Album of the Year

Album yang akan Masuk dan Terlempar dari Nominasi Grammy 2022
Olivia Rodrigo, Lil Nas X, Billie Eilish diprediksi akan bersaing dalam kategori AOTY. (Foto: thestatesmanmedia)

Berkat kekuatan lagu drivers license dan daya tarik lintas genre di albumnya, Olivia Rodrigo seharusnya tidak kesulitan mendapatkan nominasi Album of the Year untuk Sour, meskipun 2022 menjadi debutnya untuk Grammy.

Pesaing terdekatnya adalah Billie Eilish yang menghadapi situasi serupa pada 2020, dan akhirnya menyapu bersih penghargaan. Eilish dapat mengalami kesulitan untuk kembali ke AOTY, karena sebagian besar pemenang tidak dinominasikan untuk proyek lanjutan mereka. Namun, Grammy mencintai Eilish, dan album Happier Than Ever dapat mendobrak tradisi itu.

Selain itu, setelah mendapatkan nominasi AOTY kejutannya sendiri untuk debut EP 7, Lil Nas X seharusnya memiliki perjalanan yang mulus masuk nominasi kedua kalinya untuk album debutnya Montero.

Baca juga:

The Weeknd Muak dengan Grammy

Satu lagi pemenang AOTY sebelumnya yang tidak pernah dinominasikan untuk proyek lanjutan adalah Taylor Swift, tetapi itu untuk evermore. Namun, Taylor’s Version yang dipuji secara luas (terutama karena dia tidak mengirimkan Fearless) mungkin bisa masuk pertimbangan.

"Saya juga melihat jalan bagi pemenang 2019 Kacey Musgraves untuk masuk kembali setelah dengan kecewa terhadap keputusan Akademi untuk memindahkan album dari genre country ke pop yang mendapat kritik luas. Kritik dan perubahan itu akan memberinya lebih banyak publisitas dan dapat memotivasi pemilih country untuk menempatkannya di sini, kategori di mana mereka masih dapat memilihnya," tulis Curto.

AOTY suka memberi penghargaan kepada pemenang Best New Artist yang benar-benar layak menyandang gelarnya, dan album Good News dari Megan Thee Stallion adalah contoh sempurna untuk tradisi ini.

Prediksi lain adalah Doja Cat, yang pernah masuk nominasi Artis Baru Terbaik 2021, juga akan masuk nominasi AOTY pertamanya untuk album Planet Her. Ini berkat gelombang dukungan untuk lagu Kiss Me More di seluruh pemungutan suara.

Kemungkinan lain adalah H.E.R., yang menjadi favorit Grammy, dengan debut Back of My Mind. Selain itu, ada beberapa musisi pop yang sangat menarik yang akrab dengan kategori ini yang dapat mengisi slot terakhir: Drake, Ariana Grande, dan Justin Bieber.

Drake memiliki jalan terberat untuk Certified Lover Boy, karena keputusannya untuk tidak mengirimkan Record atau Song of the Year dan kritik sebelumnya terhadap Grammy.

"Grande memiliki hit di lagu positions, tapi saya bertanya-tanya apakah album ini akan masuk setelah dirilis lebih dari setahun yang lalu," jelas Curto. Sementara untuk Justin Bieber, tidak dapat disangkal bahwa dia memiliki tahun yang besar dengan beberapa hits jangka panjang dan album yang dipuji sebagai karier terbaiknya, Justice.

Daftar lengkap nominasi Grammy 2022 akan diumumkan beberapa jam lagi pada Selasa (23/11) malam waktu setempat. (aru)

Baca juga:

BTS Sumbang Kostum Grammy Awards untuk Lelang Amal

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Pentingnya Self-Esteem untuk Kesehatan Mental
Fun
Pentingnya Self-Esteem untuk Kesehatan Mental

Setiap orang punya self-esteem yang bergantung dari dirinya sendiri.

Hidup Sehat Menyambut 2022 Versi WHO
Fun
Hidup Sehat Menyambut 2022 Versi WHO

Segera mulai hidup sehat seperti disarankan WHO.

'Seberkas Kisah Lalu' Terbaik dalam Viu Pitching Forum
Fun
'Seberkas Kisah Lalu' Terbaik dalam Viu Pitching Forum

Viu Pitching Forum bertujuan mengidentifikasi dan mengembangkan penulis- penulis skrip berbakat.

Mengenal Kondisi Maladaptive Daydreaming
Fun
Mengenal Kondisi Maladaptive Daydreaming

Arti dan ciri-ciri maladaptive daydreaming.

Eins und Eins: Ketika Tubuh Merepresentasikan Negara dengan Rakyatnya yang Tertindas
Fun
Eins und Eins: Ketika Tubuh Merepresentasikan Negara dengan Rakyatnya yang Tertindas

Pertunjukkan seni di Musem MACAN oleh Melati Suryodarmo

Serabi Notosuman, Kuliner Legendaris Made In Negeri Aing
Hiburan & Gaya Hidup
Serabi Notosuman, Kuliner Legendaris Made In Negeri Aing

Mengenal serabi Notosuman buatan khas Indonesia, yang berasal dari kota Solo

Barang Preloved Branded Masih Menjadi Primadona di Tengah Pandemi
Fashion
Barang Preloved Branded Masih Menjadi Primadona di Tengah Pandemi

Tren barang preloved branded meningkat di masa pandemi .

 Kenali Waktu yang Tepat untuk Melakukan Spooring
Fun
Kenali Waktu yang Tepat untuk Melakukan Spooring

Ada waktu-waktu yang tepat untuk melakukan spooring, agar ban mobil awet dan kenyamanan dalam berkendara

5 Resep Smoothie untuk Atasi Anemia
Fun
5 Resep Smoothie untuk Atasi Anemia

Beberapa resep ini memiliki kandungan zat besi disertai vitamin C yang baik untuk penderita anemia.

Jurus Ninja Harus Dikuasai Kalau Tupperware Emak Hilang
Fun
Jurus Ninja Harus Dikuasai Kalau Tupperware Emak Hilang

Jangan main-main kalau kamu menghilangkan tupperware emak.