Grammy 2022
Album yang akan Masuk dan Terlempar dari Nominasi Grammy 2022 Penghargaan Grammy tahun 2022 akan menjadi yang pertama tanpa komite nominasi. (Foto: Twitter/@RecordingAcad)

PENGHARGAAN Grammy 2022 akan menjadi yang pertama tanpa komite nominasi, menyusul kritik dari Weeknd tahun lalu ketika ia gagal mendapat pengakuan untuk salah satu lagunya. Komite yang dikenal karena anonimitas mereka, dituduh melakukan transaksi orang dalam dan korupsi.

Nominasi biasanya diambil dari 20 finalis yang dipilih oleh anggota Recording Academy. Rata-rata hanya komite memilih delapan nominasi di mayoritas kategori Grammy, termasuk empat besar. Sekarang, anggota Akademi hanya akan memilih delapan entri teratas untuk masuk nominasi.

"Tanpa komite nominasi, beberapa genre akan otomatis menjatuhkan nominasi pada kategori teratas dan penghargaan akan berubah menjadi kontes popularitas, lebih dari sebelumnya," demikian pendapat Music News Writer Justin Curto dari Vulture dalam artikel prediksi nominasi Grammy 2022.

Baca juga:

Kategori Khusus K-Pop Belum Direncanakan Grammy Awards

Album yang akan Masuk dan Terlempar dari Nominasi Grammy 2022
Album baru Adele '30' dan Ed Sheeran '=' harus menunggu tahun depan untuk masuk nominasi. (Foto: insider)

Namun, ada beberapa pembenahan. Grammy 2022 benar-benar akan mengakui rentang 13 bulan, dari 1 September 2020, hingga 30 September 2021, dalam upaya untuk menggeser jeda waktu kelayakan untuk acara penghargaan mendatang.

Dengan peraturan tersebut, album baru Adele, 30 harus menunggu tahun depan. Demikian juga dengan album = Ed Sheeran, dan Blue Banisters dari Lana Del Rey.

Drake masih memiliki hubungan buruk dengan Grammy menyusuk kritik kemenangan kategori rap untuk Hotline Bling, tidak mengirimkan lagu playlist dari album More Life. Namun, Drake memasukkan Certified Lover Boy untuk Album of the Year (AOTY), tetapi tidak mengirimkan lagu untuk masuk Record atau Song of the Year.

Prediksi Nominasi Album of the Year

Album yang akan Masuk dan Terlempar dari Nominasi Grammy 2022
Olivia Rodrigo, Lil Nas X, Billie Eilish diprediksi akan bersaing dalam kategori AOTY. (Foto: thestatesmanmedia)

Berkat kekuatan lagu drivers license dan daya tarik lintas genre di albumnya, Olivia Rodrigo seharusnya tidak kesulitan mendapatkan nominasi Album of the Year untuk Sour, meskipun 2022 menjadi debutnya untuk Grammy.

Pesaing terdekatnya adalah Billie Eilish yang menghadapi situasi serupa pada 2020, dan akhirnya menyapu bersih penghargaan. Eilish dapat mengalami kesulitan untuk kembali ke AOTY, karena sebagian besar pemenang tidak dinominasikan untuk proyek lanjutan mereka. Namun, Grammy mencintai Eilish, dan album Happier Than Ever dapat mendobrak tradisi itu.

Selain itu, setelah mendapatkan nominasi AOTY kejutannya sendiri untuk debut EP 7, Lil Nas X seharusnya memiliki perjalanan yang mulus masuk nominasi kedua kalinya untuk album debutnya Montero.

Baca juga:

The Weeknd Muak dengan Grammy

Satu lagi pemenang AOTY sebelumnya yang tidak pernah dinominasikan untuk proyek lanjutan adalah Taylor Swift, tetapi itu untuk evermore. Namun, Taylor’s Version yang dipuji secara luas (terutama karena dia tidak mengirimkan Fearless) mungkin bisa masuk pertimbangan.

"Saya juga melihat jalan bagi pemenang 2019 Kacey Musgraves untuk masuk kembali setelah dengan kecewa terhadap keputusan Akademi untuk memindahkan album dari genre country ke pop yang mendapat kritik luas. Kritik dan perubahan itu akan memberinya lebih banyak publisitas dan dapat memotivasi pemilih country untuk menempatkannya di sini, kategori di mana mereka masih dapat memilihnya," tulis Curto.

AOTY suka memberi penghargaan kepada pemenang Best New Artist yang benar-benar layak menyandang gelarnya, dan album Good News dari Megan Thee Stallion adalah contoh sempurna untuk tradisi ini.

Prediksi lain adalah Doja Cat, yang pernah masuk nominasi Artis Baru Terbaik 2021, juga akan masuk nominasi AOTY pertamanya untuk album Planet Her. Ini berkat gelombang dukungan untuk lagu Kiss Me More di seluruh pemungutan suara.

Kemungkinan lain adalah H.E.R., yang menjadi favorit Grammy, dengan debut Back of My Mind. Selain itu, ada beberapa musisi pop yang sangat menarik yang akrab dengan kategori ini yang dapat mengisi slot terakhir: Drake, Ariana Grande, dan Justin Bieber.

Drake memiliki jalan terberat untuk Certified Lover Boy, karena keputusannya untuk tidak mengirimkan Record atau Song of the Year dan kritik sebelumnya terhadap Grammy.

"Grande memiliki hit di lagu positions, tapi saya bertanya-tanya apakah album ini akan masuk setelah dirilis lebih dari setahun yang lalu," jelas Curto. Sementara untuk Justin Bieber, tidak dapat disangkal bahwa dia memiliki tahun yang besar dengan beberapa hits jangka panjang dan album yang dipuji sebagai karier terbaiknya, Justice.

Daftar lengkap nominasi Grammy 2022 akan diumumkan beberapa jam lagi pada Selasa (23/11) malam waktu setempat. (aru)

Baca juga:

BTS Sumbang Kostum Grammy Awards untuk Lelang Amal

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Rahasia Akting Natural Nam Joo-hyuk
ShowBiz
Rahasia Akting Natural Nam Joo-hyuk

Ia cenderung stres dan jadi overthinking saat di rumah.

Tidur Malam Pengaruhi Kerja Vaksin COVID-19
Fun
Tidur Malam Pengaruhi Kerja Vaksin COVID-19

Hal ini dibuktikan dengan beberapa penelitian

Trik Pertahankan Gizi Seimbang usai Lebaran
Fun
Trik Pertahankan Gizi Seimbang usai Lebaran

Makan, olahraga, dan tidur teratur.

Penyandang Disabilitas Juga Perlu Mencuci Tangan
Hiburan & Gaya Hidup
Penyandang Disabilitas Juga Perlu Mencuci Tangan

Cuci tangan sangat penting, terlebih di masa pandemi COVID-19.

Meghan Markle akan Rilis Serial Animasi di Netflix
ShowBiz
Meghan Markle akan Rilis Serial Animasi di Netflix

Terinspirasi dari berbagai perempuan berpengaruh dalam sejarah.

Meski 200 Mobil Tenggelam di Laut, Bentley Tetap Untung
Fun
Meski 200 Mobil Tenggelam di Laut, Bentley Tetap Untung

Saat itu, kapal bernama Felicity Ace itu membawa setidaknya 4.000 mobil, beberapa di antaranya mobil mewah Bentley dan Porsche.

Foxconn Masuk ke Dunia Otomotif
Fun
Foxconn Masuk ke Dunia Otomotif

Pemasok iPhone ini rupanya sudah mempersiapkan diri bermain di dunia otomotif.

Game Marvel Bakal Rilis di Playstation 5 Sampai 2023
Fun
Game Marvel Bakal Rilis di Playstation 5 Sampai 2023

Game-game Marvel yang akan rilis di Playstation 5 ini sangat seru.

Laris di Asia, Lego Bangun Pabrik Baru di Vietnam
Fun
Laris di Asia, Lego Bangun Pabrik Baru di Vietnam

Menginvestasikan lebih dari USD 1 miliar.

Festival Film Indonesia Berupaya Bangun Ekosistem Film
ShowBiz
Festival Film Indonesia Berupaya Bangun Ekosistem Film

Festival Film Indonesia 2021 diikuti 54 Juri Nominasi.