Musik

Album 'Pronoia' dari Matter Mos Resmi Rilis

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Selasa, 22 Juni 2021
Album 'Pronoia' dari Matter Mos Resmi Rilis
Matter Mos resmi rilis debut album. (Foto: Instagram/@mattermos)

SEPERTI yang pernah dikatakan pada wawancara terakhir dengan Merah Putih, Fadil Mcgee dengan monikernya sebagai Matter Mos akhirnya melepaskan debut albumnya pada 10 Juni 2021.

“Ini adalah debut pertama, kumpulan ‘anak-anak’ gue yang dikumpulin secara bertahun-tahun. Sebuah pengeksplorasian tentang apa yang manusia inginkan di dunia. Lebih tepatnya, untuk mengetahui, merasakan, dan melihat,” ucap rapper yang masuk nominiasi di Anugerah Musik Indonesia (AMI) 2018 dan 2019 itu.

Baca juga:

Album Debut Matter Mos 'Pronoia' Hadir dalam Bentuk NFT

View this post on Instagram

A post shared by Matter Mos (@mattermos)

Setelah bertahun-tahun hanya melepas single dan kolaborasi, Matter Mos memutuskan untuk merekrut Akmal Rizky sebagai engineer di debut album ini. Sebuah keputusan yang berani dikarenakan focus Akmal Rizky di bidang musik elektronik.

Ide ini dinilai masuk akal oleh Matter Mos, karena tujuan album ini untuknya adalah membuat genre bending hip hop alternatif, kombinasi hip hop dan aliran lainnya.

Tak tanggung-tanggung, Fadil berkolaborasi dengan banyak musisi untuk menghadirkan debut album ini. dengan bantuan Dipha Barus, CVX, Greybox, Densky9, NAJ, MBE, Cosmicburp & Heston Prasetyo sebagai produser.

Teman-teman musisi seperti Ramengvrl, Ariel Nayaka, Teddy Adhitya, Kamga, Romantic Echoes, Danilla dan Kay Oscar pun ikut terlibat. Sebagai executive producer Matter Mos dan Akmal Rizky menghabiskan kurang lebih enam bulan untuk bisa merampungkan proyek istimewa ini.

Album 'Pronoia' dari Matter Mos Resmi Rilis
Artwork album 'Pronoia'. (Foto: Istimewa)

Kata Pronoia sendiri merupakan neologism yang diartikan sebagai perasaan berbanding terbalik dengan paranoia. “Ini terinpirasi dari sebuah podcast yang gue tonton dan perasaan banyaknya orang yang membantu gue sebagai executive producer untuk make this album happen,” ungkap Matter Mos.

Melepas album di Storefront adalah keputusan yang membingungkan untuk beberapa orang, terlebih dikarenakan nama Matter Mos sendiri tidak sebesar itu. Apalagi di era dimana streaming adalah tempat pendengar musik saat ini mendengarkan lagu.

Namun, keputusan ini muncul sebagai salah satu inisiasi untuk mencari alternatif lain untuk musisi mendapatkan pemasukan. Satu hal yang menarik, album Pronoia adalah episode rilisan pertama dari Matter Mos. Sebentar lagi akan ada merchandise yang bisa didapatkan penggemarnya dan kemungkinan edisi Deluxe pada akhir 2021.

Baca juga:

Basboi Umumkan Album Debut Sekaligus Rilis Single ‘Bismillah’

Berikut daftar lagu dari album Pronoia Matter Mos:

1. THANK GOD (with Romantic Echoes)

2. JOYFUL INTERLUDE (with Ramengvrl & Romantic Echoes)

3. MODERN PAGAN (with Faye Risakotta & Romantic Echoes)

4. GOAT

5. ATLAS

6. SAFEHOUSE (with Teddy Adhitya)

7. BISMILLAH (with Kamga)

8. THIS LOVE OF MINE / TOOK OVER ME

9. EXPECTATION

10. STAY STRONG (with Danilla)

11. PRONOIA (with Ariel Nayaka & Kay Oscar)

(far)

Baca juga:

Later Just Find Lanjutkan Perjalanan Musiknya dengan ‘Rindu Tak Bertemu’

#Musik #Musik Indonesia #Musisi Indonesia #Rapper #Hip-Hop
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan