Album 'Thank U, Next Milik Ariana Grande Cetak Sejarah Baru Thank U, Next' Berada di Urutan Nomor 1 Pada Billboard 200 Chart (Foto: complex.com)

DALAM kurun waktu kurang dari enam bulan, album Thank U, Next dari Ariana Grande yang rilis pada 8 Februari berhasil menduduki urutan nomor 1 di Billboard. Catatatan itu diraih dengan 360 ribu unit album yang terjual sampai 14 Februari.

Tidak sampai disitu, album itu juga mencatatkan angka tertinggi yang paling banyak didengarkan secara streaming dalam seminggu untuk kategori album pop.

Bahkan saat ini Grande telah melampaui Taylor Swift dan Katy Perry, sebagai artis perempuan dengan jumlah subscriber terbanyak di Youtube, yakni 32,5 juta pengikut.

1. Album keempat Ariana yang menduduki puncak di chart Billboard

Album Ariana Grande "Thank U, Next" Berhasil Mencetak Sejarah Baru
Empat album Ariana sudah pernah menduduki posisi 1 di Billboard (foto: RollingStone.com)

Album pertama Grande yang menduduki urutan pertama Billboard ialah Yours Truly (21 September 2013), My Everything (13 September 2014), dan Sweetener (1 September 2018).

Grande menjadi artis kedua dengan album yang menduduki chart nomor satu terbanyak setelah Taylor Swift dalam 10 tahun terakhir.

2. Thank U, Next menjadi album pop terlama yang bertahan di puncak chart

Album Ariana Grande "Thank U, Next" Berhasil Mencetak Sejarah Baru
Thank U, Next jadi album pop yang terlama bertahan di posisi pertama (Foto: spin.com)


Album Thank U, Next' menjadi album pop yang menduduki urutan nomor satu terlama sepanjang tahun. Album ini telah berada di urutan pertama sejak 13 Oktober 2018.

3. Album dengan jumlah streaming terbanyak untuk kategori album pop dan album penyanyi perempuan

Album Ariana Grande "Thank U, Next" Berhasil Mencetak Sejarah Baru
Album yang paling banyak didengarkan secara streaming dalam seminggu. (foto: popsugar.com)

Album Thank U, Next mencetak rekor untuk album yang paling banyak didengar streaming. Capaian itu mengalahkan album Divide milik Ed Sheeran untuk kategori album pop. Juga mengalahkan album Cardi B, Invasion of Privacy, dalam kategori album artis perempuan.

Sedangkan dalam urutan kedua, diduduki oleh soundtrack film A Star is Born yang merupakan duet dari Lady Gaga dan Bradley Cooper yang terus meningkat semenjak penampilan live Lady Gaga di Grammy Awards yang menyanyikan lagu berjudul Shallow, salah satu hit dari album A Star is Born 10 Februari lalu.

Urutan ketiga juga ditempati soundtrack dari film Bohemian Rhapsody yang naik 84% dari urutan nomor 11 ke urutan ketiga pada Billboard 200. Album Bohemian Rhapsody dirilis dalam bentuk DVD dan blu-ray pada 12 Februari mengikuti kesuksesan filmnya. (shn)



Ananda Dimas Prasetya