Alberto Brignoli dan Kiper-kiper Pencetak Gol di Serie A Kiper Benevento, Alberto Brignoli. Foto: Insidefoto.com

MerahPutih.com - Kiper Benevento, Alberto Brignoli, menjadi pusat perhatian ketika menjadi pahlawan timnya setelah mencetak gol penyama kedudukan melawan AC Milan. Ia mengoyak gawang lawan di menit ke-95.

Berkat golnya, Benevento pun sukses meraih angka pertama setelah mereka promosi ke Serie A musim ini. Sundulan Brignoli di ujung laga membuatnya naik daun. Namun, Brignoli bukanlah kiper pertama yang mencetak gol di kancah sepak bola Italia.

Berikut beberapa di antaranya menurut situs Football-Italia, seperti dikutip Bolaskor.com.

Massimo Taibi
Bagi publik Inggris, Taibi lebih dikenal dengan performa buruknya saat menjaga gawang Manchester United. Namun, Taibi adalah kiper terakhir di Serie A yang mencetak gol sebelum aksi heroik Brignoli.

Pada 1 April 2001, Reggina tertinggal 0-1 dari Udinese di Stadion Oreste Granillo. Waktu menunjukan laga sudah berjalan 87 menit. Reggina sangat membutuhkan tambahan poin untuk memperbesar peluang lepas dari jeratan degradasi.

Saat Reggina mendapatkan sepakan pojok pada detik-detik akhir, Taibi memutuskan untuk maju dan meramaikan arena penalti lawan. Dengan lompatan paling tinggi, Taibi menanduk bola dan menaklukkan Luigi Turci, kiper Udinese saat itu.

Reggina sendiri akhirnya tetap terdegradasi setelah kalah di laga play-off dari Verona.

Michelangelo Rampulla
Untuk urusan kiper mencetak gol di Serie A, Rampulla terbilang spesial. Pasalnya dia merupakan kiper yang membuat gol dari permainan terbuka, bukan dari bola mati.

Pada pekan ke-22, Cremonese tertinggal 0-1 dari tuan rumah Atalanta. Cremonese mendapatkan kesempatan melakukan penyerangan terakhir pada laga ini.

Barisan tuan rumah yang tak menyangka Rampulla akan ikut menyerang membiarkan sang kiper bebas sendirian di depan gawang. Alhasil lewat sundulan Rampulla berhasil membuat gol penyeimbang. Rampulla sendiri kemudian berkarier selama 10 tahun bersama Juventus, seringnya sebagai kiper pelapis.

Antonio Rigamonti
Kiper yang meraih scudetto bersama AC Milan pada 1989 itu memang dikenal sebagai kiper pencetak gol. Saat bermain dalam 106 laga bersama Como, dia mengoleksi enam gol, tiga di antaranya di Serie A.

Rigamonti memang mendapat kepercayaan sebagai pengambil penalti bagi timnya. Dan semua golnya memang berasal dari titik putih.

Lucidio Sentimenti
Sentimenti adalah kiper Juventus di era Il Grande Torino. Kiper yang sembilan kali membela timnas Italia itu tercatat sudah 100 kali memperkuat Juventus.

Saat masa Perang Dunia II pada rentang 1943-44, Sentimenti dimainkan sebagai sayap untuk beberapa laga, saat dia mengalami cedera jari tangan. Saat melakoni peran sebagai sayap inilah Sentimenti membuat empat gol.


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH